Kesehatan

Istilah Kesehatan Menurut Para Ahli dan WHO

timurpost.ID timurpost.ID
October 07, 2023
Home
Kesehatan
Istilah Kesehatan Menurut Para Ahli dan WHO


timurpost.id - Kesehatan dapat didefinisikan dari berbagai perspektif, dan berbagai ahli atau organisasi kesehatan dapat memiliki definisi yang sedikit berbeda. Namun, umumnya, kesehatan dilihat sebagai kondisi lengkap dari kesejahteraan fisik, mental, dan sosial, bukan hanya ketiadaan penyakit atau kecacatan. Berikut adalah beberapa definisi kesehatan dari ahli dan organisasi kesehatan terkemuka:

  1. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization - WHO): WHO mendefinisikan kesehatan dalam Piagam Organisasi Kesehatan Dunia (1948) sebagai "keadaan sehat secara sempurna, fisik, mental, dan sosial, dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kecacatan."

  2. Rene Dubos, Ahli Biologi dan Pemenang Hadiah Nobel: "Kesehatan adalah hasil interaksi antara manusia dan lingkungan mereka, yang menentukan oleh faktor sosial ekonomi, ekologi, dan perilaku individu."

  3. Dunn, Ahli Epidemiologi: "Kesehatan adalah suatu keadaan yang dinamis di mana individu merasa sebaik mungkin dan mampu mengatasi tekanan sehari-hari, mempertahankan hubungan yang produktif, dan berpartisipasi dalam aktivitas yang memuaskan."

  4. Halbert L. Dunn, Bapak Pelayanan Kesehatan Masyarakat: "Kesehatan adalah tingkat keberfungsian dan keefektifan dari kehidupan diri sendiri dalam konteks sosiokultural."

  5. Margaret A. Newman, Ahli Keperawatan dan Teoritikus: "Kesehatan adalah pengalaman unik dari individu, yang berada dalam tingkat energi yang cukup untuk mengatasi stres kehidupan sehari-hari untuk mencapai potensi pribadi."

Penting untuk diingat bahwa pandangan tentang kesehatan dapat bervariasi, dan ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan seseorang, termasuk faktor genetik, lingkungan, gaya hidup, dan faktor sosial.

Blog authors