Politik

Kumpulan Istilah Politik Berdasarkan Filosofi Ahli

timurpost.ID timurpost.ID
October 07, 2023
Home
Politik
Kumpulan Istilah Politik Berdasarkan Filosofi Ahli

 


timurpost.id - Istilah politik memiliki beragam definisi tergantung pada perspektif dan konteksnya. Berikut adalah beberapa definisi politik menurut pandangan beberapa ahli:

  1. Harold Lasswell, Ilmuwan Politik Amerika: "Politik adalah proses pembuatan keputusan dan pemberian kekuasaan di dalam suatu masyarakat atau kelompok, serta distribusi kekuasaan dan sumber daya secara merata."

  2. David Easton, Ilmuwan Politik Amerika: "Politik adalah alokasi nilai-nilai untuk masyarakat. Nilai-nilai ini mencakup siapa yang mendapatkan apa, kapan, di mana, dan bagaimana."

  3. Andrew Heywood, Penulis Buku Politik: "Politik adalah aktivitas atau praktik yang berkaitan dengan pemerintahan negara atau negara-negara, terutama dalam hal pemilihan pejabat umum, pembuatan kebijakan, atau konflik kepentingan."

  4. Aristoteles, Filosof Yunani Kuno: "Politik adalah seni memerintah dan diperintah."

  5. Hannah Arendt, Filsuf Politik dan Teoritikus Politik: "Politik adalah kegiatan bersama yang diarahkan pada kebebasan, dan kebebasan adalah kebebasan bersama."

  6. Max Weber, Sosiolog Jerman: "Politik berarti mempertahankan atau memperoleh kekuasaan atas seseorang atau kelompok."

  7. John Locke, Filosof dan Pemikir Politik: "Politik adalah tindakan yang ditujukan untuk pelestarian masyarakat dan perlindungan setiap anggotanya dengan menetapkan undang-undang bagi mereka semua."

  8. Robert Dahl, Ilmuwan Politik Amerika: "Politik adalah sistem pemberian dan distribusi kekuasaan."

Penting untuk dicatat bahwa politik mencakup berbagai aspek, termasuk proses pembuatan keputusan, pemerintahan, distribusi kekuasaan, dan konflik kepentingan. Definisi-definisi di atas mencerminkan kompleksitas dan beragamnya makna istilah politik dalam berbagai konteks sejarah dan budaya.

Blog authors