Kriminal Pohuwato

Rencana Demo Susulan Pohuwato, Kapolda Gorontalo Lakukan Patroli Skala Besar

timurpost.ID timurpost.ID
September 24, 2023
Home
Kriminal
Pohuwato
Rencana Demo Susulan Pohuwato, Kapolda Gorontalo Lakukan Patroli Skala Besar
Kantor Bupati Pohuwato Terbakar

timurpost.id - Tragedi kerusuhan di Kabupaten Pohuwato pada, Kamis (21/09/2023) yang berujung pada pembakaran kantor bupati kembali menyisakan duka mendalam bagi pemerintah. Meski berangsur-angsur mulai kondusif, rencananya akan ada aksi susulan.

Informasi itu terkuak saat sebuah flyer beredar jika masa akasi kembali akan melakukan aksi unjuk rasa. Rencana aksi itu akan dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Pohuwato.

Informasi yang diterima Liputan6.com, aksi unjuk rasa susulan itu akan digelar 26 hingga 30 September 2023. Rencananya, mereka akan menggerakan massa sebanyak 20 ribu orang yang mayoritas penambang lokal.

Di antara tuntutan rencana aksi itu ialah, mereka ialah, meminta kepada Polda Gorontalo untuk membebaskan massa aksi yang hingga kini masih ditahan. Mereka meminta agar mengusut tuntas anggota Polres Pohuwato yang melakukan kekerasan.

Meminta kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menghentikan aktivitas perusahaan tambang, termasuk PT PGP. Serta memberikan ruang kepada penambang lokal untuk mendapatkan hak mereka sebagai pribumi.

Menanggapi hal itu, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol segera melakukan patroli skala besar di Kabupaten di ujung barat Gorontalo itu.

Patroli yang diikuti sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Gorontalo merupakan bagian dari upaya Kepolisian dan TNI di beberapa titik ini untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat di Pohuwato

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Desmont Harjendro menekankan, pentingnya kerjasama antara kepolisian, TNI, stakeholder terkait dan masyarakat dalam menjaga keamanan.

“Kami berkomitmen untuk melindungi dan melayani masyarakat Pohuwato dengan sebaik-baiknya. Situasi yang aman dan kondusif adalah hasil dari kerjasama kita semua,”kata Kombes Pol Desmont.

Patroli skala besar ini juga bertujuan untuk mencegah potensi gangguan keamanan serta memberikan rasa aman kepada warga Pohuwato selama beraktivitas. Kapolda Gorontalo mengakhiri patroli dengan harapan wilayah Pohuwato akan aman, damai, dan nyaman bagi semua masyarakat.

Blog authors