kuliner

Resep Minuman Saraba Khas Gorontalo yang Unik

timurpost.ID timurpost.ID
July 14, 2023
Home
kuliner
Resep Minuman Saraba Khas Gorontalo yang Unik
Minuman Saraba dok.istimewa

timurpost.id - Gorontalo juga mempunyai minuman khas yang unik, namanya Saraba. Minuman khas Gorontalo ini terbuat dari gula aren dan juga jahe.

Cita rasa dari minuman ini tidak jauh berbeda dengan bandrek. Kamu bisa menemukan dengan mudah minuman ini di malam hari karena penjual saraba di Gorontalo sangatlah banyak.

Apalagi saat musim hujan, banyak penjual saraba angkringan bisa kita jumpai. Mulai dari emperan toko, di jalanan hingga di warung-makan.

Lantas, mengapa penjual saraba di Gorontalo banyak muncul ketika musim hujan. Sebab, saraba merupakan minuman yang dianggap mampu menghangatkan tubuh dikala dingin.

Saraba, selain terbuat dari jahe dan gula aren, minuman yang satu ini juga ditambahkan susu cair, cengkeh, sereh dan kayu manis. Paduan gula aren dan jahenya membuat minuman ini nikmat banget diminum dikala musim dingin.

Kebetulan Gorontalo merupakan daerah penghasil jahe, banyak rumah-rumah di Gorontalo yang menanam tanaman ini dan tinggal panen dari polybag di depan teras rumah. Kalo di Jawa sejenis wedang, mirip-mirip cuma beda nama saja.

Cara membuatnya pun cukup mudah, proses awal, panaskan dulu air hingga mendidih. Kemudian masukkan parutan jahe, sereh, cengkeh, kayu manis. Masak dengan api kecil selama 20 menit dan Tambahkan gula merah.

Saat mendidih, tuangkan gelatin dan susu cair. Aduk hingga tercampur rata dan agak mengental. Masukkan ke dalam panci. Aduk hingga gelatin larut tambahkan santan kental aduk hingga merata dan diamkan selama 3 menit hingga saraba siap diminum.

Menurut salah satu penjual saraba, Uwa Igirisa bahwa saraba tidak hanya menghangatkan tubuh. Akan tetapi seraba juga bisa meningkatkan stamina usai bekerja seharian.

"Biasanya anak kantoran singgah di sini untuk sekedar memesan saraba. Mereka tau bahwa saraba bisa membangkitkan stamina," kata Uwa.

Menurutnya jika saat ini pemesan saraba tidak hanya datang langsung. Ada juga pelanggannya yang memesan lewat online, yang diantar menggunakan ojek online.

"Sekarang kan Gorontalo lagi diguyur hujan siang malam, saraba ini minuman yang pas. Apalagi diminum saat nongkrong dengan kerabat," ia menandaskan.




Blog authors