Kesehatan

Kasus Flu Burung Mewabah, Picu Pandemi?

timurpost.ID timurpost.ID
March 03, 2023
Home
Kesehatan
Kasus Flu Burung Mewabah, Picu Pandemi?

 

Kasus Flu Burung Mewabah

timurpost.id - Negara Cina baru saja melaporkan dua kasus flu burung pada satu pria dan satu wanita yang jaraknya lebih dari 800 ratusan mil.

Laporan kasus ini muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa virus tersebut siap menyebar ke manusia dan menyebabkan pandemi selanjutnya.

Dikutip Daily Mail, Jumat 3 Maret 2023, wanita berusia 53 tahun dari provinsi Jiangsu di China timur itu dinyatakan positif bulan Februari lalu untuk jenis H5N1 yang telah menghancurkan populasi burung dunia, menurut kantor berita

Sementara itu, pejabat kesehatan China mengumumkan bahwa seorang pria berusia 49 tahun di provinsi Guangdong China selatan dinyatakan positif H5N6 setelah melakukan kontak dengan unggas hidup.

Kekhawatiran tentang potensi penularan ke manusia telah muncul dalam beberapa pekan terakhir setelah seorang gadis Kamboja meninggal karena virus dan ayahnya dinyatakan positif.

Para ilmuwan di lapangan mengatakan strain yang mereka infeksi memiliki mutasi yang membuatnya lebih baik dalam menginfeksi manusia.

Pejabat setempat saat ini juga mengonfirmasi bahwa kasus di Kamboja berasal dari unggas dan tidak menyebar dari orang ke orang.

Selain itu, kasus di Kamboja disebabkan oleh H5N1 clade 2.3.2.1c, varian lama yang endemik pada burung liar dan unggas di negara tersebut.

Kasus Tak Saling Berhubungan Tidak ada yang menunjukkan bahwa kedua kasus China itu berhubungan, juga tidak ada jenis flu burung yang menyebar dari manusia ke manusia.

Pasien wanita Cina mulai mengalami gejala setelah makan ayam pada 31 Januari, dan dinyatakan positif H5N1 sekitar bulan Februari.

Keadaannya saat ini tidak diketahui dan hanya sedikit informasi yang dirilis.

Simak juga video pilihan berikut:



Blog authors