Kesehatan

Begini Langkah Dinas Kesehatan Bonebol Tekan Angka Tengkes

timurpost.ID timurpost.ID
March 10, 2023
Home
Kesehatan
Begini Langkah Dinas Kesehatan Bonebol Tekan Angka Tengkes

Merlan Uloli

timurpost.id - Setelah Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol) geram soal angka stunting yang belum juga turun. Dinas Kesehatan Kabupaten Bonebol langsung gerak cepat melakukan gelar ukur kepada anak usia balita untuk memastikan kembali anak tengkes, Kamis (9/3/2023).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Meyrin Kadir menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan arahan Bupati yang memerintahkan dinas terkait untuk turun lapangan mengecek dan menekan angka tengkes.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tinggi dan berat badan anak-anak yang ada untuk memaksimalkan kembali data stunting yang ada di Bone Bolango,”kata dr. Meyrin.

Ia menuturkan selain pengukuran tinggi dan berat badan, mereka juga melakukan aksi pemberian makanan tambahan dan imunisasi kepada ibu hamil dan anak-anak.

“Dari 40 anak yang ada di satu titik, semua kita lakukan pengukuran baik tinggi, berat badan,kemudian kita
berikan makanan tambahan dan imunisasi,”tuturnya.

Berdasarkan hasil pengukuran kali ini, dr Meyrin mengungkapkan data stunting yang ada di Desa Tunggulo mengalami penurunan dari data sebelumnya.

“Dari data stunted sebelumnya ada 17 orang yang ada di sini, Alhamdulillah sudah ada penurunan,” Ia menambahkan.

Kegiatan gelar ukur, imunisasi dan pemberian makanan tambahan ini akan diadakan di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango sampai semua anak yang berusia dibawah 5 tahun terukur.

“Kegiatan ini melibatkan semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Semua anak di Bone Bolango yang berusia 5 tahun kebawah harus kita ukur semua,”tandasnya.

Wakil Bupati Geram


Sebelumnya, penanganan persoalan stunting atau tengkes di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) sempat membuat wakil bupati geram. Sebab, hingga sekarang persoalan tengkes masih terus menghantui daerah di ujung timur Gorontalo itu.

Pasalnya, data stunting di daerah tersebut belum menunjukkan data yang real. Bahkan, angka ini terus dipertanyakan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bonebol.

Meski berbagai upaya sudah dilakukan daerah untuk menekan angka stunting. Data yang dirilis Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) saat ini berada di angka 22,3 persen.

Upaya tersebut mulai dari rembuk stunting, yang dilaksanakan tahun 2022 yang mewah bahkan Best Practice di sejumlah daerah baik di dalam Provinsi Gorontalo hingga luar daerah.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya menghabiskan anggaran yang besar namun hasilnya hingga sekarang masih nihil atau belum memberikan dampak yang signifikan.

Hal ini membuat Wakil Bupati, Merlan S Uloli geram. Dengan nada lantang ia meminta persoalan stunting ini harus dikeroyok secara bersama.

Simak juga video pilihan berikut:


 


* BACA BERITA TERKINI LAINNYA KLIK GOOGLE NEWS

Blog authors