Tips

 Cara Membersihkan Kulkas Agar Tak Mengeluarkan Bau

timurpost.ID timurpost.ID
December 27, 2022
Home
Tips
 Cara Membersihkan Kulkas Agar Tak Mengeluarkan Bau

 


timurpost.id - Kuman atau bakteri pada kulkas berasal dari makanan mentah, sehingga kulkas harus dibersihkan setiap dua bulan sekali. Selain penting untuk menjaga kesegaran makanan, membersihkan kulkas juga berguna untuk mencegah penyakit bawaan pada makanan yang bisa menyebabkan keracunan.

Yuk segera bersihkan kulkas Anda dengan mengikuti 5 langkah berikut supaya kulkas bebas kuman. Berikut ini

1. Keluarkan Makanan

Agar proses pembersihan kulkas dapat berjalan maksimal, sebaiknya Anda mengeluarkan makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Kemudian pilih dan pilah makanan dan minuman yang masih layak dikonsumsi, Anda bisa periksa juga tanggal kedaluwarsanya.

Jika makanan yang layak konsumsi diletakkan di wadah, sebaiknya bersihkan juga wadahnya atau bisa diganti dengan yang baru supaya tidak mengotori kulas yang sudah dibersihkan.

2. Kosongkan Kulkas

Selain makanan atau minuman, Anda juga perlu mengeluarkan sekat atau rak pada kulkas. Selanjutnya, matikan kulkas hingga bunga es pada freezer mencair.

Sambil nunggu bunga es mencair, rak atau sekat kulkas yang sudah dikeluarkan, juga perlu Anda cuci. Anda bisa mencucinya dengan air panas yang dicampur sabun.

Sebelum dicuci, biarkan rak atau sekat mencapai suhu ruangan supaya tidak retak.  Setelah dicuci, rak dilap menggunakan handuk atau lap yang lembut sampai kering.

3. Bersihkan Bagian dalam Kulkas

Jika Anda sudah membersihan rak atau sekat kulkas, jangan lupa bersihkan juga bagian dalam kulkasnya. Buang es yang sudah mencair akan menetes ke bagian kulkas, sebaiknya Anda keringkannya terlebih dahulu.

Kemudian, Anda bisa membersihkan bagian dalam kulkas dengan menggunakan handuk microfiber atau lap yang lembut dengan menggunakan air sabun hangat. Setelah semua terkena sabun, bilaslah menggunakan handuk yang dicelupkan ke air bersih.

 


4. Bersihkan Juga Bagian Luar Kulkas

Jangan hanya membersihkan bagian dalam kulkas saja, bagian luar kulkas juga perlu Anda bersihkan. Anda bisa menggunakan baking soda dan sabun untuk mengelap selutuh bagian luarnya.

Jangan lupa air pembuangan kulkas yang berada di belakang kulkas juga dibuang serta dicuci, karena air pembuangan tersebut juga mengandung banyak kuman.

5. Masukkan Kembali Rak dan Makanan

Setelah bagian dalam dan luar kulkas bersih, kembalikan dan susun rak atau sekat kulkas pada tempatnya. Setelah tersusun, masukkan makanan atau minuman ke tempat semua dan susu sesuai kategorinya.

Sebaiknya cuci dan potong sayuran kemudian simpan di wadah tertutup yang sudah dilapisi tisu makan supaya tidak cepat busuk. Dengan metode tersebut, Anda akan lebih mudah menata dan memilih makanan. Nyalakan kulkas dengan suhu sedang terlebih dahulu supaya kulkas tidak cepat rusak. Setelah beberapa jam, suhu kulkas bisa dinaikkan secara perlahan. 

Simak juga video pilihan berikut:




 

Blog authors