Tips

Cara Membeli HP Murah Berkualitas Tanpa Rugi

timurpost.ID timurpost.ID
December 13, 2022
Home
Tips
Cara Membeli HP Murah Berkualitas Tanpa Rugi

 

Cara Membeli HP Murah Berkualitas Tanpa Rugi

timurpost.id -  Nah, agar tidak mengalami hal yang merugikan saat ketika membeli hp baru, Anda perlu tahu tentang spesifikasi hp murah yang akan dibeli tersebut.

Apalagi pembelian hp dilakukan secara online, dimana Anda tidak bisa bertanya dan melihat langsung produknya. Agar tidak rugi ketika membali hp murah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti.

1. Cek Chipset


Ketidaktahuan akan spesifikasi hp murah sering menjebak banyak orang untuk membeli smartphone dengan spesifikasi mengecewakan namun dijual dengan harga yang terlalu mahal.

Salah satu yang banyak tidak orang ketahui adalah masalah chipset atau prosesor. Dewasa ini, pilihan prosesor hp biasanya ada di seputar Snapdragon atau MediaTek, walaupun sebenarnya banyak sekali jenis prosesor chipset lainnya seperti Kirin atau Exynos.

Kita ambil contoh untuk hp dengan prosesor Snapdragon, kami menyarankan untuk membeli hp dengan Snapdragon 710 atau Snapdragon 712. Bila budget tidak memungkinkan, Anda bisa memilih hp Snapdragon 660 atau Snapdragon 665.

Bila pilihan Anda jatuh ada prosesor MediaTek, kami merekomendasikan hp yang menggunakan MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T, atau MediaTek Helio G95.

2.Sesuaikan RAM

Bila bicara RAM, pemilihan hp murah berkualitas harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan. Hp di kelas menengah biasanya memiliki RAM 3 GB atau 4 GB, namun bila budget Anda tidak memungkinkan, bisa juga memilih RAM 2 GB, namun Anda harus teliti melihat speknya.

Hp dengan RAM 3 GB dijual dengan harga mulai dari 1 jutaan, namun bila Anda memiliki budget lebih, maka kami sarankan untuk membeli hp RAM 4 GB, atau hp RAM 6 GB.

Secara umum, semakin tinggi RAM yang digunakan pada smartphone, maka makin mahal juga harga hp-nya. Namun kini banyak produsen smartphone yang menjual hp murah dengan spek tinggi.

3. Layar yang Luas

Kalau masalah layar, sekarang bisa dibilang sebagai eranya hp dengan layar besar atau biasanya hp dengan layar 6 inci ke atas. Namun, tidak semua orang menyukai layar besar, karena mereka menganggap hp dengan layar kecil lebih fleksibel dan mudah dibawa.

Masih banyak pengguna smartphone yang lebih menyukai hp dengan layar 5 inci, kini sudah jarang ditemui produk hp baru yang menawarkan layar dengan bentang tersebut.

Satu hal lain terkait layar yang mesti diperhatikan adalah resolusinya. Agar mata lebih nyaman, maka resolusi layar minimum setidaknya sudah 1080p atau hp layar full HD, karena dianggap sebagai resolusi layar paling ideal saat ini.

4. Kualitas Kamera


Jika kita memiliki budget 2 juta sampai 3 jutaan, kualitas kamera smartphone yang bisa didapat di kelas tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret secara konvensional dan punya fitur yang cukup lengkap.

Tidak perlu memaksakan diri membeli hp dengan kamera terbaik bila memang budget yang tersedia tidak memungkinkan. Perlu Anda ketahui bahwa hp murah pun sekarang sudah banyak yang dilengkapi kamera dengan hasil jepretan di atas rata-rata.

Bagi yang suka merekam video, kami menyarankan untuk memilih hp yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS, dan mampu merekam video berkualitas 4K. hp murah dengan spesifikasi kamera seperti ini sudah banyak di pasaran.

5. Desain dan Kualitas Material

Berbicara soal desain, sebenarnya ini kembali ke masalah selera tiap orang yang tentunya berbeda. Namun, kalau bicara tren yang ada saat ini, hp kekinian pada umumnya menggunakan desain layar hp tanpa bezel atau bezel less dan ada juga hp dengan notch atau poni.

Bila ditanya, kenapa desain itu penting? Jawabannya adalah, dengan desain yang kekinian, tentu tampilan hp akan terlihat lebih modern. Walaupun dari segi fungsi belum tentu sesuai dengan kebutuhan si pemakai.

Bila pilihan Anda jatuh pada hp kelas menengah, maka tentang desain dan material ini menjadi penting dan perlu mendapatkan perhatian juga.

Smartphone kelas menengah pada umumnya menggunakan jenis material plastik pada bahannya. Jadi pastikan juga jenis material yang digunakan pada hp tersebut cukup kuat.
Hp Murah Berkualitas, Awet Dipakai

Tips memilih hp murah berkualitas di atas sekedar panduan agar Anda setidaknya mendapatkan gambaran atau pengetahuan tentang smartphone yang akan dibeli. Panduan tersebut tentunya tidak mutlak karena preferensi setiap orang berbeda.

 Simak juga video pilihan berikut:


 

Blog authors