Bisnis

7 Daerah Penghasil Batik di Indonesia

timurpost.ID timurpost.ID
October 08, 2023
Home
Bisnis
7 Daerah Penghasil Batik di Indonesia

timurpost.id - Batik adalah seni tradisional pewarnaan tekstil yang telah menjadi warisan budaya di berbagai negara, terutama di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai penghasil batik yang terkenal. Berikut adalah beberapa daerah penghasil batik di Indonesia:

  1. Yogyakarta dan Solo (Surakarta): Daerah-daerah ini di Pulau Jawa dikenal sebagai pusat batik tradisional. Batik dari Yogyakarta dan Solo memiliki desain yang khas dan beragam.

  2. Pekalongan: Kota ini juga terletak di Pulau Jawa dan dikenal sebagai kota batik di Indonesia. Pekalongan terkenal dengan batik cap (dibuat dengan menggunakan cap atau stempel).

  3. Cirebon: Kota pelabuhan di pantai utara Jawa ini memiliki gaya batik yang khas, yang mencerminkan pengaruh budaya Cina.

  4. Madura: Pulau Madura juga memiliki tradisi batiknya sendiri dengan corak dan warna yang khas.

  5. Lasem: Sebuah kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan batik tulis dan batik cap. Lasem memiliki pengaruh Tionghoa yang kuat dalam seni batiknya.

  6. Garut: Kota di Jawa Barat ini dikenal dengan batik Garutan yang memiliki pola khas.

  7. Pamekasan: Salah satu kota di Pulau Madura yang juga dikenal sebagai pusat batik Madura.

Penghasil batik di Indonesia sangat beragam dan setiap daerah memiliki gaya dan teknik batiknya sendiri. Batik tidak hanya digunakan sebagai pakaian tradisional, tetapi juga diapresiasi sebagai seni tekstil yang unik di seluruh dunia.

Blog authors