Tips

Cara Mengeluarkan Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

timurpost.ID timurpost.ID
December 13, 2022
Home
Tips
Cara Mengeluarkan Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan
Cara Mengeluarkan Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan


timurpost.id -  Berikut 8 tips mengeluarkan tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan:

1. Makan Pisang

Cara sederhana untuk mengeluarkan tulang ikan kecil yang tersangkut di tenggorokan Anda adalah dengan makan pisang, karena pisang adalah makanan lunak yang tidak akan melukai kerongkongan saat melewatinya. Ketika tertelan, pisang yang dikunyah dapat mendorong tulang ikan ke dalam tenggorokan, di mana pada akhirnya tulang ikan akan dicerna dalam perut.

2. Batuk dengan Kuat


 

 

Batuk adalah mekanisme pertahanan pertama tubuh untuk melindungi dari kelainan di tenggorokan dan saluran udara. Batuk menciptakan kekuatan udara yang kuat yang dapat menggeser benda asing di saluran napas, seperti tulang ikan.

Jadi, pada saat Anda merasakan tulang ikan berada di tenggorokan, Anda harus membiarkan refleks batuk Anda bekerja. Hal ini dapat membantu melepaskan tulang ikan dari tenggorokan membuat rasa lega seketika.

3. Makan Nasi


Saat tersedak tulang ikan, Anda dapat menelan nasi atau kentang karena makanan tersebut lunak dan dapat menempel pada tulang. Selain itu Anda juga bisa menelan sepotong roti yang direndam susu. Setelah basah, peras dan gulung roti menjadi bola kecil yang bisa ditelan utuh. Setelah ditelan, tulang ikan menempel pada roti, membantu mendorongnya ke dalam perut.

4. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak mudah diserap seperti air yang memungkinkannya menjaga lapisan tenggorokan terhidrasi lebih lama. Hal ini dapat merangsang gerakan alami kerongkongan untuk mendorong tulang ikan.

Oleh karena itu, lebih baik minum sedikit minyak zaitun daripada air karena lebih melumasi kerongkongan. Jika Anda tidak bisa minum minyak zaitun murni, Anda bisa mencampurkannya ke dalam secangkir air.

5.  Minum Sesuatu yang Asam


Diketahui bahwa mengonsumsi minuman asam seperti air cuka atau soda dapat membantu melunakkan tulang ikan yang sangat halus. Dengan membuat tulang ikan lebih lunak, tulang-tulang tersebut mungkin lebih mudah ditelan dan bahkan bisa larut dan hilang.

6. Makan Marshmallow


Mirip dengan roti, nasi atau pisang, marshmallow cukup lembut untuk mendorong tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Marshmallow memiliki manfaat tambahan yaitu cukup lengket untuk menempel pada tulang selama menelan.

Oleh karena itu, Anda harus mengunyah marshmallow sampai terlumat lalu menelannya dengan mempertahankan potongan marshmallow sebesar yang Anda bisa saat ditelan.

7. Minum Milkshake yang Kental atau Smoothie

Minuman kental seperti milkshake atau smoothie dapat membantu mendorong tulang ikan ke bawah tenggorokan, terutama jika diteguk dengan paksa. Minuman ini memiliki manfaat tambahan yaitu dingin yang dapat meredakan iritasi atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh tulang ikan.

8. Berkumur dengan Air Garam

Metode ini sangat berguna untuk tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan bagian atas. Gerakan berkumur dapat membantu mengontraksikan dan mengendurkan otot-otot kerongkongan, sehingga tulang ikan dapat terlepas dengan sendirinya. Selain itu, air garam dapat membantu mengatasi iritasi atau peradangan yang disebabkan oleh tulang ikan.

Simak juga video pilihan berikut:


 




Blog authors