Polda Gorontalo

Begini Dampak Jika Kalian Kena Tilang Elektronik ETLE

timurpost.ID timurpost.ID
December 16, 2022
Home
Polda Gorontalo
Begini Dampak Jika Kalian Kena Tilang Elektronik ETLE

 

Tilang Electronik ETLE

timurpost.id - Kesadaran masyarakat Provinsi Gorontalo dalam berlalu lintas masih sangat besar. Bahkan semenjak ditiadakan tilang manual oleh Kapolri, pelanggaran lalu lintas malah semakin bertambah.

Menurut data yang diterima Liputan6.com melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo, setiap harinya jumlah pelanggar lalu lintas bisa mencapai 200 kendaraan per hari. Jumlah itu, sudah termasuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Di Provinsi Gorontalo sendiri, sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) hanya ada satu titik. ETLE tersebut berada di simpang lima telaga, tepat perbatasan Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Namun dengan jumlah pelanggar ini, memberikan gambaran jika kesadaran warga Gorontalo dalam berkendara, masih kurang. Bahkan, penghentian tilang manual juga dinilai sebagai salah satu faktor pemicu meningkatnya kesadaran warga dalam berlalu lintas.

"Saya menilai, jika penghentian tilang manual hanya membuat masyarakat jadi keras kepala. Buktinya dengan data pelanggar yang tertangkap sistem ETLE bisa mencapai ratusan sehari, hanya dengan satu titik," kata Aksan salah satu pengamat di Gorontalo.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo Kombes Pol Arief Budiman mengatakan, jika ada pelanggar yang tertangkap ETLE, mereka segera menindak lanjutinya.

"Jika ada pelanggar, kita kasih konfirmasi berupa surat yang berisi petunjuk. Apakah yang bersangkutan akan melakukan konfirmasi secara manual atau melalui website," kata Kombes Pol Arief.

 

Blokir Kendaraan

Selanjutnya kata Kombes Pol Arief, dalam surat konfirmasi tersebut juga akan dijelaskan bahwa batas waktu konfirmasi kepada pihaknya hanya memiliki tenggang waktu selama 14 hari. Jika selama tenggang waktu yang diberikan tidak ada konfirmasi, maka kendaraan itu akan diblokir.

"Nah, jika mereka tidak memberikan konfirmasi, secara otomatis kendaraan itu diblokir. Dengan begitu, pemilik kendaraan belum bisa bayar pajak atau ditolak sementara," tuturnya.

Disinggung soal titik lokasi ETLE yang masih kurang di Gorontalo, Kombes Pol Arief mengatakan, bahwa rencananya Polda gorontalo akan menambah jumlah kamera ETLE  sejumlah titik di Provinsi Gorontalo.

"Mudah-mudahan terealisasi, ke depan kamera ETLE di Gorontalo akan ditambah. Namun saya tetap berpesan agar masyarakat untuk tetap patuh dalam berlalu lintas," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:


 


Blog authors