Piala Dunia 2022

 Fakta Unik Tentang Trofi Piala Dunia 2022

timurpost.ID timurpost.ID
November 19, 2022
Home
Piala Dunia 2022
 Fakta Unik Tentang Trofi Piala Dunia 2022
 Fakta Unik Tentang Trofi Piala Dunia 2022


timurpost.id -  Untuk pertama kali selama 60 tahun, Italia absen dari ajang Piala Dunia atau FIFA World Cup. Namun, jejak Italia selalu terasa lewat trofi Piala Dunia yang rupanya dibuat dari wilayah Paderno Dugnano, kota kecil dekat Milan.

Ya, Italia tak perlu begitu bersedih. Masih selalu ada jejak negara mafioso itu dalam ajang sepak bola bergengsi empat tahunan ini. Di wilayah Paderno Dugnano, sebuah kota kecil dekat Milan, Italia, rupanya trofi yang saat ini diperebutkan para pesepakbola bergengsi dunia dirancang dan dibuat.

Terdapat sebuah pabrik dengan cat warna pink. Di depannya terdapat plakat bertuliskan Stabilimento Artistico, SRL Bertoni, Medaglie-Coppe Distintivi-Smalti Trofei-Targhe. Atau Pendirian Artistik, SRL Bertoni, Medali-Piala Lencana-Smalti Piala-Plakat.

Trofi asli FIFA World Cup terbuat seluruhnya dari emas 18 karat dengan dasar perunggu. Piala ini memiliki berat 6,142 kilogram dan tinggi 36,8 sentimeter. Trofi tersebut diperkenalkan pada 1974 dan didesain oleh Silvio Gazzaniga, seorang seniman Italia yang berhasil memenangkan sayembara desain trofi Piala Dunia, mengalahkan 52 pesaing.

Trofi tersebut memperlihatkan dua atlet tengah mengangkat bola dunia. Di bagian dasar terdapat tulisan FIFA World Cup.




Desainer trofi ini menyebut, dia ingin membuat trofi dengan desain universal. Dia terinspirasi dari dua unit, yaitu kemenangan atlet dan dunia, sehingga terbentuklah trofi seperti yang ada saat ini. Di Paderno Dugnano inilah, setiap empat tahun sekali, trofi asli itu dipoles ulang untuk ditampilkan pada final Piala Dunia.

Badan kuningan dari trofi dipahat secara hati-hati untuk menghilangkan sisa-sisa material. Setelah proses pemahatan selesai, trofi tersebut melewati proses ‘pemandian’.

Pertama, trofi dicuci beberapa kali untuk menghilangkan debu bekas pahatan. Lalu di bagian akhir pemandian, trofi tersebut secara hati-hati dibersihkan menggunakan air sulingan.

Akhirnya, tampaklah sebuah trofi dengan dasar perunggu berhias marmer berwana hijau. Trofi ini kemudian dilapisi furnish Zapon untuk menjaganya tetap mengkilap dan tak mudah lecet. Trofi tersebut kemudian dikeringkan, dibersihkan, dan dicek detailnya sekali lagi.

Sedangkan untuk medali, para pemahat ahli dari perusahaan trofi dan medali asal Italia, GDE Bertoni, dengan sangat detail membuat cetakan medali FIFA World Cup. Setelah melalui proses pencetakan, penghalusan, dan pemolesan, medali-medali emas tersebut lalu dicek dan dibersihkan menggunakan alkohol dengan sangat hati-hati.

Piala Dunia 2018 tengah berlangsung di Rusia. Sebanyak 32 negara memperebutkan trofi Piala Dunia melalui deretan pertandingan dari babak penyisihan grup hingga babak final. Trofi Piala Dunia yang dibuat khusus oleh Silvio Gazzaniga itu bernilai sekitar USD 20 juta atau sekitar Rp 280 miliar.

Pada babak final, pemahat bersiap menatahkan nama negara pemenang pada trofi. Ya, nama negara pemenang akan diukir di bawah trofi. Selanjutnya, trofi tersebut akan dibawa pulang ke negara pemenang, sekaligus menjadi simbol dan lambang kebanggaan bagi tim juara.


Blog authors