Piala Dunia 2022

Trofi Piala Dunia Ternyata Pernah Dicuri

timurpost.ID timurpost.ID
November 19, 2022
Home
Piala Dunia 2022
Trofi Piala Dunia Ternyata Pernah Dicuri
Trofi Piala Dunia

timurpost.id - 1. Dewi Nike, Trofi Piala Dunia pertama diberi nama oleh Presiden FIFA ketiga, Julies Rimet. Petinggi Federasi Sepak Bola Dunia berdarah Prancis ini menjadi orang yang bertanggung jawab untuk membuat dan menyelenggarakan gelaran Piala Dunia, setelah dia lolos dalam pemilihan suara untuk memulai kejuaraan sepak bola global pada 1929.

Trofi pertama didesain Abel Lafleur dengan desain Dewi Kemenangan Yunani, Nike. Bentuk dari trofi seperti seorang perempuan yang sedang memanggul sebuah cawan. Perempuan itu memiliki sayap seperti seorang peri.

Trofi ini terbuat dari bahan perak murni berlapiskan emas yang terkenal dengan julukan ‘The Golden Goddness’. Nama tersebut diubah untuk menghormati Presiden FIFA ketiga. Setelah pelaksanaan Piala Dunia kedua pada 1946, nama trofi tersebut berganti menjadi Piala Jules Rimet.

2. Pernah Dicuri

Pada 1966, tepatnya pada 22 Maret 1966, piala tersebut hilang saat dipamerkan di Westminster Central Hall, Inggris. Atau, empat bulan sebelum negara ini menjadi tuan rumah turnamen sepak bola paling bergengsi sejagat ini.

Dua hari kemudian setelah pencurian tersebut, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menerima paket dari orang tidak dikenal berisikan bagian atas trofi. Bersama paket tersebut dikirimkan juga sepucuk surat dengan pesan sang pencuri menginginkan tebusan trofi dengan sejumlah uang.

FA dan kepolisian Inggris merancang strategi menjebak pencuri dan pada akhirnya cara tersebut berhasil. Pada 27 Maret, pelaku diketahui bernama Edward Betchley. Hanya saja, penangkapan Edward tidak sepenuhnya membuka kebenaran tentang keberadaan trofi tersebut.

Namun, di South London, seekor anjing bernama Pickles menemukan trofi tersebut yang terbungkus koran. Dave Corbett, pemilik anjing, mengembalikan piala tersebut dan Pickles mendapatkan suplai makanan seumur hidupnya.




Pada hajatan Piala Dunia 1974, trofi baru pun didesain dan dibuat. Dari banyak desain, akhirnya terpilihlah satu pemenang.

Pemenangnya bukan lain pematung asal Italia, Silvio Gazzaniga. Satu dari dua desain yang dia kirimkan terpilih jadi pemenang. Dan, jejak Gazzaniga yang mewakili Italia terpatri hingga kini di setiap gelaran Piala Dunia. Bukan itu saja, Gazzaniga juga tampil sebagai perancang trofi Piala UEFA dan Piala Super UEFA.

Sebelumnya, trofi akan diboyong oleh negara pemenang. Namun, demi menjaga keamanan, hal tersebut tidak lagi dilakukan. Kini, pemenang cukup membawa pulang replika piala yang terbuat dari perunggu berlapis emas. Trofi Piala Dunia asli tetap disimpan di FIFA World Football Museum di Zurich, Swiss.

Blog authors