Tips

5 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Oprasi Plastik

timurpost.ID timurpost.ID
January 27, 2022
Home
Tips
5 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Oprasi Plastik
 5 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Oplas
 

timurpost.id -  Bandung Meski sudah mulai diterima masyarakat, namun buat sebagian orang operasi plastik alias oplas masih jadi hal tabu. Namun, tidak dipungkiri jika operasi plastik sudah menjadi tren kecantikan.

Cukup banyak orang yang menjalani operasi plastik dengan berbagai alasan. Mulai dari alasan kesehatan hingga untuk mempercantik diri dengan memperbaiki beberapa bagian tubuh yang dianggap sebagai kekurangan. Tidak sedikit juga orang yang melakukan operasi plastik demi membuat wajah mirip dengan idolanya.

Namun apapun alasannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk jadi bahan pertimbangan sebelum melakukan operasi plastik. Penasaran? Yuk, simak ulasan tentang lima hal penting yang perlu dilakukan sebelum operasi plastik.

Biaya Operasi Plastik

Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi plastik, tentu saja kamu perlu menyiapkan biaya terlebih dahulu.

Biaya operasi plastik biasanya akan mencakup jasa dokter bedah plastik, sarana dan prasarana operasi, serta obat. Tambahan biaya yang juga harus dipertimbangkan adalah pembiusan, perawatan pemeriksaan laboratorium, hingga penunjang medis seperti EKG dan Radiologi.

Yang perlu diingat, semakin berkualitas layanan kesehatan yang menawarkan operasi plastik, maka biaya yang dipatok pun semakin tinggi.

Penyedia Layanan Operasi Plastik


Setelah biaya operasi plastik tersedia, kamu bisa mempertimbangkan penyedia layanan operasi plastik yang kamu inginkan. Pastikan penyedia layanan memiliki peralatan lengkap, mulai dari alat medis dan sarana yang memadai, faktor keamanan, sterilitas, hingga produk dan obat yang digunakan.

Patut diingat, jangan sampai terjebak dengan penawaran yang menggiurkan yang menawarkan biaya murah tapi hasilnya jauh dari harapan.

Dokter Bedah Plastik


Sebaiknya, cari tahu lebih dahulu tentang dokter bedah plastik yang akan membantumu nanti. Pastikan dokter ahli bedah plastik punya surat izin praktek, dan anggota dari perkumpulan dokter bedah estetik nasional maupun internasional.

Selain itu, pastikan juga doktermu berpengalaman dan punya jam terbang tinggi.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli bedah plastik tentang tindakan yang akan kamu lakukan sebelum melakukan operasi plastik.

Mencari Tahu Prosedur Operasi Plastik

Konsultasi dengan dokter bedah plastik adalah langkah paling dasar yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk operasi plastik. Di sini, kamu bisa mendapatkan gambaran yang jelas akan prosedur medis yang bakal dilakukan, baik sebelum, selama, maupun sesudah operasi.

Salah satu hal yang wajib diketahui adalah jenis pembiusan yang akan dilakukan. Tidak semua operasi plastik memerlukannya, seperti operasi lipatan kelopak mata, kantung mata, operasi hidung, atau liposuction yang bisa langsung pulang tanpa memerlukan rawat inap.

Risiko dan Komplikasi

Cari tahu juga tentang risiko melakukan operasi plastik kepada doktermu. Setiap tindakan bedah memiliki risiko masing-masing, mulai dari risiko paling ringan hingga komplikasi berat.

Itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan operasi plastik. Semoga membantu!

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

Blog authors