Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Merawat Kesehatan Finansial Orang Tua yang Lanjut Usia

Kamis, 03 Juni 2021 | Juni 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-03T03:23:35Z
Lansia


timurpost.id - Sebagai seorang anak, memiliki orang tua yang telah lanjut usia merupakan kesempatan untuk memanfaatkan pengetahuan yang Anda miliki untuk membantu mereka agar merasa aman tentang masa depan orang tua dengan membantu merawat kesehatan finansial. 


Terlepas dari pengalaman perencanaan keuangan mereka, orang tua yang sudah lanjut usia mendapat manfaat dari mendiskusikan rencana dengan orang yang dicintai. Jika Anda cukup beruntung memiliki orang tua yang masih ada, luangkan waktu untuk bertanya bagaimana Anda bisa membantu. 


Beberapa diskusi akan dapat menghemat uang mereka, dan tidak ada yang sebanding dengan ketenangan pikiran yang akan datang kepada Anda dan orang tua melalui beberapa diskusi mengenai masa depan mereka yang layak.


Melansir dari laman forbes, berikut merupakan tips-tips merawat kesehatan finansial orang tua yang lanjut usia.


1. Pendekatan

Saat berbicara dari hati ke hati dengan orang tua, tanyakan apa yang mereka impikan untuk masa pensiun mereka. Apa tujuan dan keinginan mereka? Ini adalah kesempatan untuk menetapkan harapan yang realistis berdasarkan informasi awal yang Anda miliki mengenai situasi keuangan mereka. 


Ini juga merupakan kesempatan untuk melakukan diskusi yang lebih menantang, misalnya jenis bantuan apa yang mereka pikir mungkin mereka butuhkan di masa pensiun, baik dari profesional atau anggota keluarga, serta keinginan mereka menjelang akhir. 


Meskipun percakapan mungkin memiliki nada yang serius, ungkapkan optimisme tentang masa depan mereka. Pensiun orang tua adalah saat mereka bekerja keras untuk mencapai sesuatu dan mereka harus menantikan pengalaman itu. 


2. Daftar Semua Akun

Setelah memulai percakapan, prioritas Anda adalah membantu mereka mengatur dan menggabungkan akun dan informasi mereka. Ini termasuk meninjau dokumen yang ada dan membuat daftar induk rekening pensiun dan tabungan, polis asuransi jiwa dan sumber pendapatan lainnya. 


Setelah mengkategorikan, cari manfaat yang mungkin tidak mereka ketahui namun menjadi haknya. 


Dalam kasus misalnya, kita sebagai anak menemukan kebijakan yang terlupakan dan beberapa kebijakan yang tidak yakin dengan sumbernya. Dengan begitu kita dapat melacak semua akun, mengatur akses online, dan memperbarui kata sandi dan pengaturan keamanan. 


Anda bahkan mungkin menemukan kebijakan tersembunyi, seperti bonus pelanggan yang diberikan oleh lembaga keuangan. 


3. Program Bantuan

Anda akan menentukan apakah orang tua memenuhi syarat untuk program bantuan pemerintah untuk menambah penghasilan mereka. 


Administrasi Jaminan Sosial, misalnya, memberikan cek untuk alasan selain pensiun, termasuk tunjangan penyintas dan Penghasilan Jaminan Tambahan. Periksa untuk melihat apakah orang tua Anda berhak atas Medicare, yang akan membantu biaya pengobatan di masa tuanya. 


4. Membuat Anggaran yang Realistis

Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang orang tua hemat, buat anggaran yang akan membantu pada pendapatan tetap mereka.


Idealnya, orang yang Anda cintai akan memiliki lebih dari cukup uang untuk mempertahankan kualitas hidup mereka saat ini, jika tidak memperbaikinya.


Pada kenyataannya, kebanyakan orang Amerika bahkan yang sudah siap tidak memiliki aset untuk hidup nyaman saat mereka pensiun. Sekarang adalah saat yang tepat untuk membantu orang tua membuat dan mempertahankan anggaran yang sesuai untuk gaya hidup masa depan yang layak.


Selain menganggarkan dasar-dasar seperti bahan makanan, utilitas, pajak, hiburan dan biaya lain yang penting bagi kedua orang tua, mereka mungkin juga ingin mempertimbangkan keuntungan finansial dari perampingan rumah atau pindah ke tempat di mana tabungan mereka akan lebih besar.


Ini mungkin juga saat yang tepat untuk bertemu dengan perencana keuangan, jika memungkinkan, untuk mencakup semua basis mengenai sumber pendapatan potensial.


5. Perbarui Dokumen Hukum

Pentingnya memastikan bahwa semua dokumen hukum milik orang tua tertata dengan baik. Proksi perawatan kesehatan, surat wasiat dan formulir penerima, dan surat kuasa mungkin merasa tidak nyaman untuk didiskusikan sekarang tetapi ini harus dipastikan bahwa keinginan terpenuhi selama masa yang paling emosional dan sulit. Ini adalah percakapan yang sulit tetapi perlu dilakukan.


Pada akhirnya, membantu orang tua Anda merencanakan masa depan adalah ekspresi rasa cinta dan peduli anak. Semakin awal melakukan percakapan ini dan menjalankannya, semakin mudah bagi mereka untuk beralih ke masa pensiun. 


Informasi yang diberikan ini bukanlah nasihat investasi, pajak, atau keuangan. Anda harus berkonsultasi dengan para profesional berlisensi untuk mendapatkan saran mengenai situasi yang spesifik.


×
Berita Terbaru Update