Tips

Tips Untuk Anak Muda Menjadi Pemilih Cerdas 2024 Tanpa Dibayar

timurpost.ID timurpost.ID
December 27, 2023
Home
Tips
Tips Untuk Anak Muda Menjadi Pemilih Cerdas 2024 Tanpa Dibayar
Politik Anak Muda

timurpost.id - Jelang Pemilu 2024, anak muda dan pemilih pemula sangat rentan dengan politik uang atau money politic. Suara anak muda kerap kali diperjualbelikan oleh para oknum partai politik hingga para elit yang menjadi kompetitor di pesta demokrasi 5 tahunan itu.

Itulah mengapa, jika para pemuda harus melek dengan politik yang bersih. Menjadi pemilih cerdas tanpa imbalan finansial adalah tindakan yang positif dan bertanggung jawab.

Berikut adalah beberapa tips untuk anak muda yang ingin menjadi pemilih cerdas tanpa dibayar

1. Pahami Isu-isu Penting

Lakukan riset tentang isu-isu yang saat ini dihadapi negara atau wilayah daerah anda. Kemudian isu tersebut disandingkan dengan visi dan misi seorang calon anggota legislatif hingga calon presiden, apakah para calon tersebut melirik persoalan tersebut.

Pahami pandangan berbagai kandidat terhadap isu-isu tersebut, jika mereka tidak paham bahkan tidak menyentil isu itu, maka bisa dipastikan calon itu tidak berpihak.

2. Ikut Pendidikan Politik

Pemuda wajib hadir di forum, seminar, atau debat politik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang calon dan platform politik mereka. Cermati pandangan mereka tentang situasi terkini soal ekonomi, budaya, keamanan dan politik di Indonesia

Ikuti perkembangan politik melalui berita, situs web berita terpercaya, atau sumber informasi lainnya. Jangan mudah percaya informasi di situs web berita yang tidak kredibel atau media yang memihak calon tertentu.

3. Ajak Diskusi Politik

Selain melalui situs berita, kita juga bisa diskusikan isu-isu politik dengan teman, keluarga, atau rekan kerja. Dapatkan berbagai sudut pandang berbeda dan pertimbangkan opini orang lain.

Sudut pandang itulah yang bisa memberikan lebih banyak informasi soal calon dari pusat hingga daerah. Soal figur hingga partai politik itu sendiri harus kita pahami bersama.


4. Bandingkan Platform Politik

Bandingkan platform politik dari berbagai calon untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan nilai dan kepentingan kalian hingga negara.

Membandingkan platform politik adalah langkah penting dalam proses pengambilan keputusan politik. Namun, perlu dicatat bahwa platform politik dapat bervariasi antara negara, partai politik, dan pemilihan tertentu.

5. Lakukan Tindakan Positif

Jika kalian memiliki keahlian atau keterampilan tertentu, pertimbangkan untuk menjadi relawan kampanye atau terlibat dalam kegiatan sosial yang mendukung masyarakat.

Bersikap kritis dan terbuka, artinya pertimbangkan semua informasi dengan kritis dan tetap terbuka terhadap perubahan atau peningkatan yang dapat terjadi dikemudian hari.

6. Pahami Hak dan Kewajiban

Memahami hak dan kewajiban sebagai pemilih dan warga negara. Berpartisipasilah dalam pemilihan lokal dan nasional. Melakukan tindakan-tindakan ini dapat membantu Anda menjadi pemilih yang lebih informatif. Memberikan kontribusi positif dalam proses demokrasi tanpa harus menerima imbalan finansial.

Blog authors