Peristiwa

Nasib Apes Nelayan di Boalemo, Berharap dapat Ikan Malah Dapat Buaya

timurpost.ID timurpost.ID
December 27, 2023
Home
Peristiwa
Nasib Apes Nelayan di Boalemo, Berharap dapat Ikan Malah Dapat Buaya

Nasib Apes Nelayan di Boalemo, Berharap dapat Ikan Malah Dapat Buaya

timurpost.id - Seekor buaya dengan panjang sekitar 2.5 meter ditemukan nelayan di perairan laut Tambe, Desa Pentadu Timur, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Ahad, (24/12/2023). Buaya yang kerap kali muncul itu akhirnya tertangkap juga.

Informasi yang dirangkum Liputan6.com, penemuan buaya hewan melata itu berawal ketika salah satu nelayan hendak mengecek pukat ikan yang sudah dipasang sehari sebelumnya.

Berharap pukatnya mendapatkan ikan, nelayan itu berangkat sekitar Pukul 10.00 Wita. Sesampainya di lokasi,  nelayan itu kemudian mengecek satu persatu pukat secara hati-hati agar ikan tidak ada yang terlepas.

Namun, saat mengecek pukat selanjutnya, dirinya merasa bahwa dalam pukat tersebut terperangkap ikan besar. Dengan hati yang gembira, nelayan itu kemudian menarik pukat tersebut secara perlahan.

Setelah terangkat, dirinya kaget bukan kepalang. Musabab, yang terperangkap dalam pukat tersebut bukanlah ikan, melainkan seekor buaya besar.

Dirinya yang kala itu panik, kemudian memanggil warga sekitar untuk mengevakuasi buaya tersebut. Bobot buaya yang begitu besar, tidak memungkinkan dirinya mengangkatnya sendiri.

Diamankan Petugas

Peristiwa ini pun sontak membuat warga setempat heboh dan langsung melaporkannya kepada petugas.

“Iya, benar pagi tadi sekitar Pukul 10.00 Wita, kami menerima laporan warga terkait buaya tersebut,” kata Kabid Damkar Boalemo, Erfin saat dikonfirmasi.

Erfin mengatakan, begitu laporan masuk, pihaknya bersama Personel Satpol PP Boalemo bergegas menuju lokasi. Benar saja, buaya itu masuk dalam perangkap ikan milik nelayan.

“Masuk perangkap ikan. Saat ini sudah kami amankan itu buaya di kantor, dan untuk selanjutnya kami terus berkoordinasi dengan pihak BKSDA Gorontalo,” kata Erfin.

Sementara itu, warga Tilamuta, Budi Nasibu merasa bersyukur dengan penemuan buaya tersebut. Paling tidak kata dia, warga sudah mengetahui dan bisa berjaga diri dari ancaman buaya.

“Mana kita tahu kalau di laut Tambe itu ada buaya. Makanya saya juga kaget ada buaya sebesar itu. Terima kasih petugas yang dengan cepat merespon laporan warga,” ia menandaskan.

Blog authors