Malam Tahun Baru

Macet di Malam Pergantian Tahun? Begini Cara Menghindarinya

timurpost.ID timurpost.ID
December 28, 2023
Home
Malam Tahun Baru
Macet di Malam Pergantian Tahun? Begini Cara Menghindarinya
Jalanan macet/Foto Kompas.id

timurpost.id - Malam pergantian tahun menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua orang. Mulai dari anak-anak, rema muda hingga orang tua tumpah ruah di jalan Kota hanya untuk melihat keramaian.

Biasanya malam tahun baru setiap keluarga mengajak anggota keluarga lainnya untuk jalan-jalan. Saran mereka ialah tempat ramai dengan salah satu alasan melihat kembang api pelepasan tahun.

Dengan begitu, jalanan Kota pasti akan macet total. Menghindari kemacetan pada malam Tahun Baru harus diantisipasi bersama agar pelepasan tahun kita tidak buyar hanya lantaran persoalan macet.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kalian menghindari macet pada malam tahun baru

1. Rencanakan Perjalanan

Dengan merencanakan rute perjalanan kalian, minimal sudah pertimbangkan dengan menggunakan aplikasi peta atau navigasi yang dapat memberikan informasi lalu lintas secara real time.

Pilih rute alternatif yang mungkin kurang ramai. Pastikan jika jalan yang kalian pilih tidak dilalui oleh banyak kendaraan pribadi yang bisa memicu kemacetan.

2. Berangkat Lebih Awal


Kalaupun memungkinkan, berangkatlah lebih awal atau lebih sore sebelum malam pergantian tahun. Sebab, saat banyak orang mulai bepergian disitulah akan berpotensi macet.

Jangan keluar rumah nanti malam hari, kemungkinan besar kalain tidak akan sampai ke tempat tujuan untuk merayakan malam tahun baru. Jangan sampai malam tahun baru kalian hanya berada di tengah kemacetan jalan.

3. Gunakan Transportasi Umum

Untuk menghindari kemacetan, kalian bisa memilih transportasi umum. Pertimbangkan untuk menggunakannya untuk menghindari kesibukan dan mencari tempat parkir.

Nah, biasanya kalai kita menggunakan kendaraan pribadi pasti akan disibukkan dengan mencari tempat parkir. Belum lagi kita harus berjalan melalui jalan yang dilewati oleh kendaraan umum atau pribadi.

Sebab kalau naik transportasi umum, sudah pasti memiliki jalur sendiri dan kita bisa cepat sampai ke tujuan.

4. Pantau Info Lalu Lintas

Kita juga bisa memantau langsung berita lalu lintas dan pembaruan media sosial Polisi Lalu Lintas untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi jalan dan kemacetan.

Jika sudah mendapatkan informasi yang jelas dari media sosial polisi lalu lintas setempat, maka hal itu bisa membantu kalian menghindari jalan yang bisa berpotensi macet.

5. Hindari Jalan Utama

Hindari juga rute yang melewati pusat perayaan besar atau titik tujuan populer. Coba pilih rute alternatif yang lebih tenang yang minim kendaraan.

Bisa jadi, jalanan yang melewati tempat umum atau titik populer yang ramai bisa berpotensi kemacetan panjang. Kemacetan itu disebabkan oleh pengunjung yang datang di lokasi tersebut.

6. Jika Terjadi Macet

Hal terburuk jika kalian tahu bahwa kemacetan hampir tidak dapat dihindari. Solusinya dengan mempersiapkan diri kalian dengan membawa bekal, buku, atau hiburan lainnya untuk membuat perjalanan lebih nyaman.

Ingatlah bahwa perencanaan dan kesiapan adalah kunci untuk menghindari kemacetan pada malam Tahun Baru. Selalu pantau kondisi lalu lintas dan beradaptasi dengan situasi yang mungkin timbul.

Blog authors