Hukum

Hampir Setahun di Gorontalo, WNA India Ketahuan Nikahi ASN

timurpost.ID timurpost.ID
December 30, 2023
Home
Hukum
Hampir Setahun di Gorontalo, WNA India Ketahuan Nikahi ASN
Imigrasi Gorontalo/timurpost.id

timurpost.id - Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Gorontalo kembali berhasil mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) ilegal. WNA dari Negara India itu datang ke Gorontalo tanpa memiliki izin tinggal resmi.

Informasi yang dirangkum timurpost.id, penangkapan WNA berinisial RW (43) ketika adanya laporan warga. Berdasarkan laporan tersebut, pihak imigrasi melakukan penyelidikan dan langsung menangkap RW.

WNA itu ditangkap di Jalan Bengawan Solo, Kota Gorontalo, yang sudah menjadi tempat tinggalnya sejak Januari 2023. Bahkan, RW sendiri telah melakukan pernikahan siri dengan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Istri siri RW adalah seorang guru di salah satu sekolah dan keduanya sudah tinggal bersama di sebuah kos kosan. Mereka sudah tinggal berbulan-bulan secara sembunyi-sembunyi.

“Itu berdasarkan pengakuan yang bersangkutan dan istri sirinya sendiri,” kata Iwan Irawan Kepala Kantor Imigrasi Gorontalo Jumat (29/12/2023).

Menurut Iwan, RW selama di Gorontalo hanya tinggal di kos-kosan dan tidak memiliki aktivitas atau pekerjaan lain. Selama di tanah serambi madinah RW dibiayai oleh sang istri sirinya.

Semantara, izin tinggal RW telah berakhir pada bulan Februari, dan saat ini pihak imigrasi telah mengambil tindakan untuk mendepotasinya ke negara asalnya.

Namun, kendala muncul ketika pihak kedutaan India di Indonesia tidak bersedia membantu proses deportasi RW. Meski begitu, pihak imigrasi terus mencoba mengkonfirmasi ke pihak keluarga RW.

“Semalam kita sudah konfirmasi kepada keluarganya dan sudah berkoordinasi dengan pihak kedutaan, namun dari kedutaan tidak akan membantu yang bersangkutan,” ujarnya.

Saat ini, pihak Imigrasi Gorontalo menunggu tindak lanjut atau konfirmasi dari kedutaan India. Jika tidak ada respons dalam waktu yang ditentukan, RW akan dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Manado.

"Sebagai langkah selanjutnya dalam penanganan kasus ini,". ia menandaskan.

Blog authors