kuliner

7 Makanan Khas Papua yang Selalu Dirindukan

timurpost.ID timurpost.ID
November 27, 2023
Home
kuliner
7 Makanan Khas Papua yang Selalu Dirindukan

 

Papeda/timurpost.id

timurpost.id - Papua, provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia, memiliki beragam makanan khas yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan alam Papua. Beberapa makanan khas Papua antara lain:

  1. Papeda: Papeda adalah makanan pokok di Papua, terbuat dari sagu yang direbus hingga membentuk bubur kenyal. Papeda biasanya disajikan dengan ikan kuah kuning atau daging.

  2. Ikan Bakar: Karena letak geografisnya yang dekat dengan laut, ikan bakar menjadi hidangan yang umum di Papua. Ikan segar dibumbui dan dipanggang dengan cara khas Papua.

  3. Sagu Warna: Sagunya, yang diperoleh dari pohon sagu, diolah dan diberi pewarna alami, seperti daun pisang atau tanah liat, untuk memberikan warna. Sagu warna biasanya disajikan dengan kuah ikan.


     

  4. Sup Suput: Suput adalah sejenis keong air tawar yang sering dimasak menjadi sup atau diolah dengan bumbu khas Papua.

  5. Ayam Betutu Papua: Ayam yang dimasak dengan rempah-rempah khas Papua, sering kali dengan menggunakan daun kemangi dan cabai.

  6. Rendang Papua: Meskipun rendang lebih dikenal sebagai hidangan khas Minangkabau, tapi di Papua, rendang juga cukup populer dengan cita rasa khas Papua.

  7. Kuah Asam: Kuah asam adalah hidangan berkuah yang biasanya terbuat dari ikan dan bumbu-bumbu khas Papua yang memberikan rasa asam segar.

Perlu diingat bahwa makanan khas bisa bervariasi dari satu daerah ke daerah lain di Papua karena provinsi ini memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda.

Blog authors