kuliner

8 Makanan Tradisional Gorontalo yang Melegenda

timurpost.ID timurpost.ID
November 27, 2023
Home
kuliner
8 Makanan Tradisional Gorontalo yang Melegenda
Binte Biluhuta/cookpad/timurpost.id

timurpost.id - Gorontalo, provinsi di bagian utara Pulau Sulawesi, Indonesia, memiliki sejumlah makanan tradisional yang lezat dan unik. Berikut beberapa makanan khas Gorontalo:

  1. Sate Gorontalo: Sate ini terbuat dari daging sapi yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang khas Gorontalo yang lezat.

  2. Binte Biluhuta: Binte Biluhuta adalah sejenis bubur jagung yang dimasak dengan kelapa parut dan daging ikan, disajikan dengan kuah kuning khas.

  3. Ikan Bakasang: Ikan Bakasang adalah ikan laut yang diasinkan dan kemudian diasap. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi dan sambal.


     

  4. Nasi Jaha: Nasi Jaha adalah nasi ketan yang dimasak dengan kelapa parut dan dibungkus daun pisang. Biasanya disajikan bersama dengan ikan bakar atau daging.

  5. Lontong Sayur Bilu: Hidangan ini terdiri dari lontong (nasi ketan yang dikukus dalam daun pisang), sayur rebung, dan daging yang dimasak dengan santan.

  6. Pilus: Pilus adalah kue tradisional Gorontalo yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang digoreng. Biasanya disajikan sebagai camilan.

  7. Cakalang Pampis: Cakalang Pampis adalah hidangan ikan cakalang (tuna) yang diasinkan dan kemudian diolah dengan bumbu khas Gorontalo. Ikan ini biasanya dihidangkan dengan nasi.

  8. Binte Pepaso: Binte Pepaso adalah hidangan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan kelapa parut dan daging ikan, disajikan dalam daun pisang.

Setiap hidangan memiliki cita rasa dan keunikannya sendiri, mencerminkan warisan kuliner Gorontalo yang kaya akan bahan lokal dan tradisi masakan.

Blog authors