Olahraga

Profil Sheikh Jassim yang Sebentar Lagi Jadi Bos Baru Manchester United, Berapa Kekayaannya?

timurpost.ID timurpost.ID
October 12, 2023
Home
Olahraga
Profil Sheikh Jassim yang Sebentar Lagi Jadi Bos Baru Manchester United, Berapa Kekayaannya?

Sheikh Jassim

timurpost.id - Drama akuisisi klub Manchester United tampaknya akan segera berakhir. Sheikh Jassim dikabarkan hanya perlu satu langkah final untuk mengambil alih klub Inggris itu dari keluarga Glazer dan Sir Jim Ratcliffe.

Mengutip Indosports, Express melaporkan bahwa bankir Qatar itu sudah mengajukan proposal 5 miliar poundsterling. Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe sudah memberikan 1,5 miliar pound (untuk akuisisi 25 persen).

Glazer saat ini mempertimbangkan tawaran dari pihak INEOS yang diketuai Jim Ratcliffe. Sebab, proposal tersebut dinilai sangat menarik lantaran Glazer bakal tetap punya kuasa di Setan Merah.

Akan tetapi, mereka diyakini akan langsung menjabat tangan Sheikh Jassim kalau pihak Qatar mengajukan tawaran sesuai dengan tuntutan Glazer, yakni 6 miliar pound.

Sheikh Jassim sangat mampu menggelontor dana sebanyak itu. Namun, dirinya masih belum bergerak lantaran berpikir bahwa angka tersebut terlalu tinggi bagi Manchester United yang tengah terpuruk di Premiere League.

Terlepas dari drama pengambilalihan Manchester United itu, tentu banyak penasaran dengan sosok Sheikh Jassim, dan berapa kekayaanya.

Profil Sheikh Jassim

Nama lengkap Sheikh Jassim adalah Jassim bin Hamad Al Thani. Dia merupakan putra dari mantan Perdana Menteri Qatar Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani. Miliarder muslim ini dikenal sebagai anggota keluarga kerajaan Qatar dan ketua Qatar Islamic Bank (QIB).

Pria kelahiran 1982 ini menempuh pendidikan di Royal Military Academy Sandhurst di Inggris. Menurut informasi terbatas yang diterbitkan oleh perusahaan yang mengawasi upayanya membeli Manchester United, Sheikh Jassim lulus sebagai taruna perwira.

Beranjak dewasa, Sheikh Jassim merupakan salah satu figur berpengaruh di Qatar. Dia menjadi Ketua QIB, salah satu bank terbesar di Timur Tengah.

Kekayaan

Ayahnya Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber bin Mohammed bin Thani Al Thani mengantongi kekayaan bernilai USD 1,2 miliar, tetapi kekayaan kolektif keluarga mendekati USD 275 miliar atau setara Rp4 kuadriliun.

Kekayaan pribadi Sheikh Jassim sendiri diperkirakan mencapai USD1,5 miliar atau Rp22,3 triliun. QIB, bank yang dipimpinnya, melaporkan pendapatan bersih lebih dari USD 620 juta pada kuartal pertama tahun 2023. (rsm). [R]

Blog authors