Kelapa Muda

Hari Kelapa Sedunia 2023 di Gorontalo Harus Punya Manfaat

timurpost.ID timurpost.ID
September 18, 2023
Home
Kelapa Muda
Hari Kelapa Sedunia 2023 di Gorontalo Harus Punya Manfaat

Hari Kelapa Sedunia
 
timurpost.id - Penjabat Gubernur Gorontalo resmi launching World Coconut Day (WCD) atau Hari Kelapa Sedunia tahun 2023. Warga diminta menjadikan momentum WCD untuk giat menanam kelapa kedepan.

Musabab, buah tropis itu banyak sekali manfaatnya. Mulai dari akar, batang, buah dan ranting hingga pucuk daunnya. Menurut Ismail, pohon kelapa yang saat ini ada di Provinsi Gorontalo sudah semakin tua dan tidak produktif.

Untuk itu, perlu adanya penanaman kembali agar mata pencaharian dan produk unggulan Gorontalo tidak putus. Selain itu, jumlah pohon kelapa di Gorontalo bisa terus terpelihara.

Kabupaten Gorontalo yang menjadi tuan rumah pelaksanaan World Coconut Day 2023 yang akan dihadiri 20 negara tersebut. Ia pun mengajak seluruh pihak dapat menjaga nama baik daerah dan menunjukan Gorontalo siap menjadi tuan rumah.

“Mari kita dukung pelaksanaan hari kelapa sedunia. Jangan sampai kita membuat hal-hal yang membawa image kurang baik kepada negara-negara yang akan datang ke Gorontalo. Kita tunjukkan bahwa kita Gorontalo siap menjadi tuan rumah,” kata Ismail

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melaporkan ada lima kegiatan yang akan mewarnai pelaksanaan World Coconut Day selama tanggal 21-25 September kedepan. Terdiri dari pameran, pertemuan para bupati penghasil kelapa, konferensi internasional, pertemuan akademisi hasil riset terhadap kelapa, dan penanaman kelapa di Mootilango.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi, mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa. Harapannya, melalui pelaksanaan World Coconut Day ini dapat mensukseskan petani kelapa di Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo.

“Khusus di tempat ini ada dua momen yang kita buat. Salah satunya adalah menara kelapa, dan satu lagi adalah prasasti yang terkait dengan kelapa. Sehingga ini dapat menjadi warisan dan sejarah bagi Gorontalo. Belum tentu seratus tahun lagi kita dapat menjadi tuan rumah,” imbuhnya

"Momentum WCD ini juga saya minta harus ada manfaat dan Output, sehingga buah kelapa di Gorontalo ada investor yang mau melirik," ia menandaskan.


Blog authors