Traveling

Menelik Kecamatan Pinogu, Surga Terpencil Bak Negeri Awan di Bone Bolango

timurpost.ID timurpost.ID
March 18, 2023
Home
Traveling
Menelik Kecamatan Pinogu, Surga Terpencil Bak Negeri Awan di Bone Bolango
Kecamatan Pinogu

timurpost.id - Bagaikan negeri di atas awan, itulah kalimat yang cocok di sematkan pada Kecamatan Pinogu. Kecamatan yang berada di bagian timur Provinsi Gorontalo ini merupakan Satu-satunya kecamatan yang berada di tengah hutan taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Jauh sebelum ada pemerintah Provinsi Gorontalo, kecamatan tersebut memang sudah ada sejak zaman kolonial belanda. Bahkan dikabarkan, ratu belanda kala itu pernah mendiami kampung tersebut.

Walaupun terletak jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Kecamatan ini memiliki pemandangan panorama pegunungan yang sangat indah dan memukau. Selain itu, potensi alam dengan komoditas pangan organik sangat melimpah di Kecamatan ini.

"Utamanya kopi pinogu yang khas dan beras organik bisa ditemukan di Kecamatan ini," kata Suprin warga Bone Bolango.

"Udaranya sangat sejuk, saat menjelang pagi ataupun sore, kabut menyelimuti kampung ini bagaikan negeri di atas awan," ungkapnya.

Selain panorama dan melimpahnya hasil alam yang luar biasa. Di Pinogu juga terdapat berbagai aktivitas warga yang masih serba konvensional. Mulai dari memasak dengan bahan bakar kayu api, mencuci pakaian dengan tangan di aliran sungai,

Untuk mencapai Pinogu ini, dibutuhkan fisik yang prima jika hendak menuju ke Pinogu. Selain terpencil, akses jalan yang rusak dan terjal menuju kecamatan itu semakin mempersulit warga yang lewat.

Anda punya dua alternatif untuk mencapai daerah itu, yaitu berjalan kaki dan menyewa jasa ojek dengan motor yang sudah dimodifikasi khusus. Sementara kendaraan roda empat sama sekali tak bisa melintas.

Jika ingin berjalan kaki ke Pinogu, dibutuhkan waktu selama 8 jam dengan melintasi belantara hutan. Waktu tempuh bisa lebih lama jika pejalan kaki banyak beristirahat selama perjalanan.

Sementara untuk naik ojek, transportasi alternatif satu-satunya bila ingin tiba lebih cepat ke Pinogu. Namun, tarif sewa ojek tersebut terbilang cukup mahal.

"Meski begitu, semua bisa terbayarkan ketika kita sudah mencapai Kecamatan ini," ujarnya.

Dengan kondisi ini, pengunjung berharap jika pemerintah tidak menutup mata dan mencarikan solusi kepada masyarakat pinogu. Sebab, pinogu juga merupakan bagian dari tanah indonesia yang butuh pemerataan pembangunan yang berkeadilan.

"Kami kagum dengan pinogu, meskipun jauh dari segalanya, mereka hidup tenang dan bahagia," ia menandaskan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Simak juga video pilihan berikut:


Blog authors