Jelang Ramadan

Jelang Ramadan, Warga Gorontalo Gotong-Royong Bersihkan Masjid

timurpost.ID timurpost.ID
March 19, 2023
Home
Jelang Ramadan
Jelang Ramadan, Warga Gorontalo Gotong-Royong Bersihkan Masjid

Jelang Ramadan



timurpost.id -
Jelang ramadan, warga Gorontalo mulai terlihat mempersiapkan segala sesuatu. Salah satunya dengan membersihkan rumah ibadah. Pembersihan ini meliputi hampir semua yang ada.

Seperti lantai Masjid, tempat wudhu, pelataran parkir hingga selokan. Selain itu, warga juga membersihkan karpet yang bakal digunakan untuk salat.

Ketua Takmirul Masjid Al-Huda, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Syarifudin Abdullah mengatakan, bahwa membersihkan masjid secara bersama-sama memang sudah menjadi agenda tahunan.

“Menyambut bulan suci Ramadan, selain mempersiapkan mental,  fisik dan kesehatan, juga kebersihan tempat ibadah harus diperhatikan sehingga dapat khusyuk saat beribadah,” kata Syarifudin.

"Biasanya yang datang banyak sekali. Mulai dari anak muda hingga orang tua datang untuk bergotong-royong," ujarnya.

Bersih-bersih masjid banyak dilakukan warga. Dengan membersihkan masjid ini, mereka berharap bisa memberikan kenyamanan bagi jamaah yang melaksanakan ibadah.

"Benar-benar sudah menjadi prioritas bagi umat Islam untuk menyambut datangnya Ramadhan dengan riang gembira, hati yang suci, sehingga lingkungan masjid dan rumah pun harus bersih," jelasnya.

Selain itu, jika masjid bersih, banyak masyarakat yang datang untuk salat di masjid ini. Karena kebanyakan orang pasti mencari masjid yang bersih dan nyaman untuk mereka

“setiap kali mau puasa atau acara-acara besar keagamaan yang terfokus di Masjid, kami selalu gotong royong. Untuk itu tahun ini pun kami melaksanakan kegiatan seperti ini,” imbuhnya.

Pentingnya Membersihkan Masjid

Kegiatan bersih-bersih masjid dapat menjaga kebersihan tempat ibadah, sehingga para jamaah dapat merasa nyaman saat beribadah di dalam masjid.

Selain itu, masjid yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit, seperti flu atau infeksi saluran pernapasan, yang dapat menular dari satu jamaah ke jamaah yang lain.

Masjid yang bersih dapat membuat suasana hati jamaah menjadi tenang, sehingga mereka dapat fokus pada ibadah dan merasa lebih khusuk. Oleh karena itu, bersih-bersih masjid jelang Ramadan merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Simak juga video pilihan berikut:


 


Blog authors