Pemilu

DPRD Soroti 8.329 Pemilih Pemula di Kota Gorontalo Belum Memiliki e-KTP

timurpost.ID timurpost.ID
February 28, 2023
Home
Pemilu
DPRD Soroti 8.329 Pemilih Pemula di Kota Gorontalo Belum Memiliki e-KTP


e-KTP


timurpost.id -
Jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024, ribuan warga di Kota Gorontalo ternyata belum memiliki E-KTP. Kurang lebih 8.329 masyarakat tersebut keseluruhan didominasi oleh pemilih pemula.

Berdasarkan data tersebut, Ketua Komisi A Erman Latjengke, mendorong agar Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Gorontalo untuk lebih memaksimalkan melakukan perekaman data E-KTP.

“Terinformasi di kami ada sekitar 8.329 pemilih pemula yang belum memiliki KTP," kata Erman.

Menurutnya, jika pada prinsipnya KTP ini bukan hanya untuk kepentingan Pemilu. Akan tetapi, bagaimana warga itu bisa terdata dan memperoleh fasilitas dan pelayanan yang baik.

"Kami berharap warga yang belum melakukan perekaman, bisa selesai sebelum daftar pemilih ditetapkan,” pintanya.

Ia menambahkan, dengan maksimalnya pendataan perekaman E-KTP sangat menunjang masyarakat Kota Gorontalo untuk menerima bantuan dari pemerintah. Selain itu, dengan KTP pemerintah bisa melakukan pemetaan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan begini, kepentingan masyarakat dapat terpenuhi, yakni menerima bantuan yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), seperti bantuan PKH, BPNT, dan lain-lain,”terang Erman Latjengke.

“Seharusnya Dinas terkait terus melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan. Nah, tugasnya capil adalah menyerahkan data itu kepada pemerintah kelurahan," tegasnya.

Selanjutnya, nanti pemerintah kelurahan yang akan mencari melalui perangkat mereka, RT, RW. Selanjutnya, pihak capil merekam langsung ditempat masyarakat yang sudah terdata.

“Kalau dengan koordinasi begini, pastinya semua akan terlayani. Kalau semua sudah punya KTP, pemerintah mudah untuk menentukan basis data rujukan,” ia menandaskan.

Blog authors