Haji

Asrama Haji Gorontalo, Wisata Religi dengan Miniatur Tanah Suci

timurpost.ID timurpost.ID
February 24, 2023
Home
Haji
Asrama Haji Gorontalo, Wisata Religi dengan Miniatur Tanah Suci


Asrama Haji Gorontalo

timurpost.id - Jika kalian berkunjung ke Provinsi Gorontalo, jangan lupa untuk singgah di Mess Haji Gorontalo. Di tempat ini masyarakat bisa melihat langsung tanah suci kecil atau replika.

Dari bandara Djalaludin Gorontalo, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mendatangi tempat ini, dengan mengendarai roda dua maupun roda empat.

Saat memasuki mess ini, kita langsung disambut dengan gerbang yang bertuliskan selamat datang di Asrama Haji Gorontalo. Sapaan salam yang ramah dari penjaga asrama seketika membuat pengunjung terpikat.

Memasuki halaman asrama haji, seketika pengunjung bisa merasakan seperti berada di tanah suci mekah. Sebab, arsiterktur banguan mess tersebut persis menyerupai bentuk yang ada di tanah suci.

Mulai dari desain hotel dengan arsitektur seperti yang ada di mekah. Di Depan hotel terdapat miniatur Kabah yang juga mirip seperti aslinya.

Fasilitas yang ada di dalam asrama haji termasuk miniatur yang ada di tempat itu, sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata religi Gorontalo.

Biasanya, tempat ini ramai dikunjungi oleh warga saat menjelang bulan suci ramadan dan menjelang musim haji. Tempat ini menjadi lokasi bersantai bagi anggota keluarga yang akan menunaikan ibadah haji.

Tidak hanya tempat bersantai, lokasi asrama yang menyerupai mekah ini menjadi tempat berlatih bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah umroh dan haji. Sebelum mereka menunaikan ibadah, terlebih dahulu diperkenalkan dengan fasilitas yang akan di jumpai di tanah suci nanti.

"Sangat bagus, tempatnya indah menyerupai dengan aslinya. Seakan kita berada di tanah suci," kata Bahtiar Musa kepada Liputan6.com

Menurutnya, dengan tanah suci replika ini, para orang tua yang akan menunaikan ibadah haji atau umrah bisa latihan dulu. Agar saat berada di sana, mereka sudah bisa menggunakan fasilitas dengan semestinya.

"Minimal, ada orang tua yang sudah bisa menggambarkan seperti apa nanti lokasi dan fasilitas yang akan mereka temui saat berada di tanah suci," ungkapnya.

Ada Pesawat Replika

Tidak hanya itu, disis barat asrama terdapat replika pesawat garuda. Tidak hanya mirip, ukuran pesawat replika inipun ukuranya cukup besar menyerupai aslinya dan mampu menampung beberapa orang jemaah yang ingin belajar mandiri naik pesawat.

Kasi Transportasi dan Akomodasi Haji, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Wiwik Mayang mengaku, bahwa fasilitas replika pesawat tersebut dibuat pada 2020.

Hal ini dibuat agar bisa memandirikan jemaah haji sebelum berangkat. Sebab, kata Wiwik, pihaknya sering kali menemukan ada jemaah yang baru pertama kali naik pesawat dan tidak tahu menggunakan fasilitas pesawat.

"Pesawat yang kami buat ini sangat mirip seperti aslinya, agar saat berangkat jemaah haji tidak kaku lagi," kata Wiwik.

Menurutnya, tidak hanya di luar, dalam pesawat tersebut juga dibuat sangat mirip dengan aslinya. Mulai dari tata letak kursi yang memiliki sabuk pengaman, pesawat ini juga memiliki fasilitas lain seperti toilet.

"Kami mencoba untuk membiasakan mereka dari sini, seperti contoh toilet, sengaja dibuat agar mereka tahu letak-letaknya," katanya.

"Mudah-mudahan dengan fasilitas ini bisa memberikan gambaran kepada mereka, khususnya kepada yang baru pertama kali naik pesawat," ia menandaskan.


Simak juga video pilihan berikut:


 

Blog authors