Traveling

Nilai dari Patung Memedi Sawah Mengusik Mahasiswa UNY

timurpost.ID timurpost.ID
February 07, 2022
Home
Traveling
Nilai dari Patung Memedi Sawah Mengusik Mahasiswa UNY
 Nilai dari Patung Memedi Sawah Mengusik Mahasiswa UNY

timurpost.id - Patung memedi sawah bertujuan untuk menjaga tanaman khususnya padi petani dari serangan hama perusak seperti burung oleh masyarakat Jawa. Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial UNY Basid Elmi Izzaqi, Diah Nadiatul Jannah, Rina Suhartanti, Eva Riska Amalia dan Marlinda Putri meneliti nilai yang terkandung dalam memedi sawah.

“Tradisi ini dijadikan sebagai media untuk mengkomunikasikan salah satu bentuk kebudayaan di bidang pertanian kepada masyarakat pada umumnya,” kata Basid dilansir Liputan6.com

Diah Nadiatul Jannah menambahkan memedi sawah merupakan salah satu bentuk kebudayaan di bidang pertanian kepada masyarakat pada umumnya berupa bentuk visualisasi berbagai nilai seni, kreativitas, dan budaya yang diwujudkan dalam bentuk boneka sedang hingga raksasa.

“Dalam pembuatan memedi sawah berasal dari sisa-sisa dan hasil pertanian maupun peralatan pertanian,” kata Diah

Penelitian dilaksanakan di Dusun Candran Kebonagung Imogiri Bantul. Rina Suhartanti mengatakan tradisi Memedi Sawah di Desa Wisata Candran menjadi ikon tersendiri bagi kegiatan pariwisata di daerah tersebut yang tepat berada di depan Museum Tani Jawa. Selain itu untuk menambah kemeriahan tradisi tersebut, pengelola setempat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY dengan melombakan tradisi tersebut.

“Nilai-nilai lokal yang diinternalisasikan melalui karakter dapat diambil dari nilai-nilai luhur dari masing-masing kearifan lokal,” paparnya.

Dalam penelitian ini nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan lokal Festival Memedi Sawah diharapkan akan menjadi sebuah karakter baik seperti nilai kedamaian (peace), nilai saling menghargai (respect), nilai kerja sama, nilai religius, nilai estetika (keindahan), nilai kemanusiaan, nilai kebersamaan, dan nilai demokratis. Nilai lokal akan mendorong timbulnya sikap saling menghormati antar etnis, suku, bangsa dan agama, sehingga keberagaman terjaga dengan baik.

Blog authors