Ekonomi

Kelangkaan Minyak Goreng Kemasan Masih Menjadi Masalah Gorontalo

timurpost.ID timurpost.ID
February 03, 2022
Home
Ekonomi
Kelangkaan Minyak Goreng Kemasan Masih Menjadi Masalah Gorontalo

 

Kelangkaan Minyak Goreng Kemasan Masih Menjadi Masalah Gorontalo

timurpost.id - Pemberlakukan minyak goreng satu harga oleh Pemerintah Pusat malah menimbulkan masalah baru. Mengapa tidak, hingga kini minyak goreng kemasan sangat sulit untuk didapatkan.

Seperti halnya di Provinsi Gorontalo, sejumlah warga mengeluhkan kelangkaan minyak goreng kemasan. Kekosongan ini dirasakan semenjak harga minyak goreng diturunkan secara serentak.

Kekosongan stok minyak goreng ini, menjadi peluang para penjual minyak goreng curah. Maka tak heran, jika pedagang di pasar-pasar tradisional di Gorontalo menjual minyak goreng dengan harga yang cenderung mahal.

Salah satu contoh di pasar Sentral Kota Gorontalo. Di sini, harga minyak goreng curah masih di harga Rp. 17.500 per liter. Jauh berbeda dengan apa yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Saya masih menjual harga minyak, dengan harga yang lama, karena stok minyak saya masih banyak," kata Titin Dama kepada Kamis (03/02/2022).  

"Jadi mau dihabiskan dulu stok minyak yang lama. Baru mungkin bisa menyesuaikan," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pengusaha pembuat kue Wani Mooduto mengaku, jika minyak goreng curah masih mahal ketimbang minyak goreng kemasan.

"Kok harga minyak goreng di turunkan, malah kami yang jadi susah," kata warni.

Menurutnya, kekosongan minyak goreng kemasan membuat usahanya terhenti. Sebab, minyak goreng kemasan menjadi salah satu bahan baku pembuatan kue.

"Usaha saya terhenti akibat kebijakan pemerintah ini, kalau saya beralih ke minyak goreng curah, kualitas kue saya akan tidak bagus," tuturnya.

"Saya sudah coba menggunakan minyak curah untuk bahan baku kue, hasilnya warna berubah, rasanya beda hingga kue tersebut cepat berbau amis," ungkapnya.

Mereka berharap, jika kebijakan pemerintah menurunkan harga minyak harus diseimbangkan dengan stok. Jangan sampai harga rendah malah stok yang kurang.

"Maka begini jadinya ketika stok tidak ada, tapi harganya murah," tegasnya.

"Bahkan, situasi ini digunakan oleh penjual minyak goreng curah untuk semena-mena menaikan harga," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Junaedy Demak mengatakan, dalam waktu dekat  pemerintah akan menyisir pasar dan supermarket untuk memastikan harga ini.

"Kami akan berusaha bagaimana minyak ini bisa stabil dan tidak ada masalah lagi," kata Junaedy.




Blog authors