Tips

Tips Mencapai Kesuksesan Karier di 2022 dari Psikolog

timurpost.ID timurpost.ID
January 07, 2022
Home
Tips
Tips Mencapai Kesuksesan Karier di 2022 dari Psikolog
 Tips Mencapai Kesuksesan Karier di 2022 dari Psikolog

 

timurpost.id - Awal tahun menjadi momen yang cocok untuk merefleksikan diri dan mengatur kembali perencanaan hidup selama setahun ke depan. Selain keuangan, karier pun penting untuk diperhatikan.

“Ini adalah waktu yang menarik dan ada banyak peluang besar bagi individu yang ingin mengejar tujuan karier baru di tahun yang baru,” tutur salah seorang profesor di Texas A&M University Anthony Klotz, seperti melansir laman CNBC Make It, Sabtu (8/1/2022).

Akan tetapi, ketika seseorang telah memiliki tujuan dan menyusun rencana, konsisten untuk menjalankannya adalah hal tersulit.

Dari hal tersebut, salah satu psikolog akhirnya membagikan tipsnya untuk membantu Anda mencapai tujuan karier di tahun 2022.

1. Tentukan tujuan

Langkah pertama untuk mencapai tujuan karir Anda harus mencari tahu apa yang diinginkan.

Salah satu profesor psikologi dan ekonomi di Duke University Dan Ariely mengatakan, tujuan tersebut harus konkret dan spesifik. Sebab, itulah yang nantinya dapat dipantau. Misalnya menentukan target nyata, seperti mengambil proyek baru, mendapatkan kenaikan gaji, atau menemukan mentor.

“Setelah menetapkan tujuan secara konkret, Anda dapat mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan,” kata Ariely.

2. Memastikan tujuan dapat tercapai

Ketika sudah mengetahui tujuan, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa tujuan tersebut dapat dicapai dalam jangka waktu yang jelas.

“Kuncinya adalah memastikan mereka dapat dicapai, realistis, apa yang sebenarnya Anda inginkan , bukan apa yang orang katakan,” tambah salah satu seorang psikolog Melissa Doman.

Sementara itu, Doman menyarankan untuk merampingkan tujuan agar dapat dicapai dalam waktu satu tahun. “Tujuan mikro adalah kuncinya,” kata Doman.

3. Cari strategi

Selanjutnya, lakukan langkah-langkah nyata untuk mencapai tujuan tersebut.

Di tengah pengunduran diri hebat, tidak sedikit manajer akan bersedia membantu Anda yang masih bertahan di perusahaan. Bahkan mereka pun seringkali ada yang ingin membantu Anda mencapai tujuan karier yang sukses. Sebab pada faktanya, kata psikolog Klotz, banyak pengusaha menghargai karyawannya yang loyal. Dengan demikian, Anda mungkin bisa bernegosiasi kepada atasan dalam pekerjaan.

Namun, jika tujuan karier untuk keluar dari perusahaan saat ini, cobalah berbicara dengan orang lain di bidang yang Anda pilih. Hal ini berguna untuk membantu Anda mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi target tersebut.

4. Bertanggung jawab

Terakhir, untuk tetap berada pada tujuan yang sudah direncanakan sepanjang tahun, kuncinya adalah Anda harus bertanggung jawab.

Doman menyarankan untuk mengecek apa saja yang sudah dilakukan dan tercapai secara rutin. Anda bisa melakukannya bersama teman atau sendiri. Selain itu, Anda mungkin juga bisa memantaunya setiap seminggu atau sebulan sekali.

5. Tahu kapan harus mengatakan tidak


Selain menentukan tujuan, hal terpenting lainnya adalah Anda harus tahu kapan untuk mengatakan ‘tidak’, kata seorang psikolog sosial dan profesor perilaku organisasi di Cornell University Vanessa Bohns.

Satu hal yang dapat menggagalkan tujuan adalah keengganan untuk menolak sesuatu. “Lebih berhati-hati tentang hal-hal yang Anda setujui. Setiap kali menyetujui sesuatu, Anda harus meluangkan waktu untuk hal tersebut, jadi pertimbangkan keputusan Anda dengan hati-hati,” jelasnya.

Ingatlah bahwa Anda harus berpikir dengan hati-hati terhadap sebuah permintaan. Jadi, jangan sampai itu merusak tujuan yang telah Anda rencanakan.

Blog authors