Traveling

5 Rekomendasi Cilok di Bandung Paling Enak

timurpost.ID timurpost.ID
January 06, 2022
Home
Traveling
5 Rekomendasi Cilok di Bandung Paling Enak
 5 Rekomendasi Cilok di Bandung Paling Enak

timurpost.id -  Bulat, kenyal, dengan baluran bumbu gurih yang menggoda lidah. Cilok sudah jadi jajanan pinggir jalan khas Bandung.

Saking banyaknya, pedagang cilok bisa dengan mudah ditemukan di setiap tepi jalan Kota Bandung. Yang jadi pertanyaan, di mana cilok paling enak di Bandung?

Nama cilok diambil dari singkatan aci dicolok, karena aci atau tepung tapioka memang menjadi bahan utama dari jajanan yang satu ini. Umumnya, cilok pun sudah memiliki rasa gurih dari bawang putih, garam, dan bumbu lainnya.

Biasanya, cilok dilengkapi dengan bumbu kacang, yang membuat rasanya semakin gurih dan sedap saat disantap. Cilok yang kenyal dipadu dengan bumbu kacang kental dengan cita rasa manis, pedas, dan gurih membuat siapa pun akan jatuh hati pada jajanan yang satu ini.

Namun dari sekian banyak cilok yang ada di Bandung, cilok manakah yang rasa dan bumbunya membuat rindu ketika Anda berada jauh dari Kota Bandung?

Berdasarkan hasil ulasan para penggemar cilok, ada beberapa rekomendasi cilok paling enak di Kota Bandung. Penasaran? Berikut ulasannya.

Cilok Sari Rasa Laswi

Rekomendasi cilok bandung yang pertama adalah Cilok Sari Rasa yang ada di Jalan Laswi, Bandung. Jajanan murah meriah yang satu ini juga lebih dikenal dengan sebutan ‘Cilok Laswi’.

Cilok Laswi ini lokasinya tidak jauh dari perlintasan kereta api, menuju Jalan Gatot Subroto. Cilok yang satu ini cukup mudah dikenali dari gerobaknya yang besar, seperti gerobak bakso. Anda juga bisa menikmati Cilok Laswi di tempat karena pedagangnya sudah menyediakan bangku kayu panjang.

Bola-bola Cilok Laswi biasanya berisi lemak sapi dan disiram dengan bumbu kacang lembut sebagai pelengkapnya.

Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu membayar Rp6 ribu per porsi. Namun, yang perlu diingat cilok ini hanya buka sore hari, mulai jam 4 sore sampai 9 malam.

Cilok Goreng Setiabudi

Cilok goreng di Setiabudi juga jadi salah satu cilok dengan jumlah penggemar yang cukup banyak. Jangan heran, jika selalu ada antrean panjang ketika mau membelinya. Harap bersabar.

Berbeda dengan cilok kebanyakan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal, cilok goreng memiliki tekstur renyah di luar, kenyal dan lembut di bagian dalamnya. Jika disiram dengan bumbu kacangnya yang khas, cita rasa gurihnya akan semakin terasa.

Selain bumbu kacang, Anda juga bisa mencoba bumbu lainnya yang ditawarkan sebagai pelengkap kudapan sore yang satu ini.

Cilok goreng yang satu ini juga sudah legendaris. Anda bisa menemukannya di depan Borma Setiabudi, Bandung. Selain itu, Anda yang tinggal di Jakarta juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Cilok Denok, Kiaracondong

Rekomendasi cilok bandung yang lainnya adalah Cilok Denok atau CLDK yang lokasinya di Jalan Sari VII, Kiaracondong.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai varian cilok dengan berbagai bumbu pilihan. Mau cilok kuah ditambah tahu cilok? Cilok dengan bumbu rujak? Cilok isi telur dengan kuah pedas gurih? Tinggal dipilih saja sesuai selera. Tentunya, semua cilok yang ada di CLDK akan membuat lidah Anda menari-nari. Cilok yang satu ini buka mulai jam 8 pagi sampai 10 malam.

Cilok Bapri Astana Anyar

Rekomendasi cilok Bandung selanjutnya adalah Cilok Bapri, alias Cilok Babakan Priangan. Cilok legendaris yang satu ini sudah cukup mudah ditemukan seperti di Antapani, Ujungberung, Cibereum, Cimahi, Sarijadi, Kiaracondong, dan masih banyak lagi.

Meski banyak gerobak cilok dengan tulisan Cilok Bapri, namun pusat cilok yang satu ini ada di Gang Muhammadiyah, Astana Anyar.

Sudah tentu, cilok yang satu ini juga berlumur bumbu kacang nikmat yang akan membuat Anda ketagihan. Selain cilok, Anda juga mencicipi siomai bapri yang tak kalah enaknya.

Cilok Goang Lengkong

Cilok goang adalah rekomendasi cilok Bandung yang bisa masuk dalam daftar wisata kuliner saat bertandang ke Bandung.

Berbeda dengan cilok yang kebanyakan berlumur bumbu kacang, cilok goang akan membuat lidah Anda menari dengan kuah kaldunya yang pedas dan menyegarkan. Kuah kaldu pelengkap cilok yang satu ini biasanya ditambah dengan sambal goang, yang membuat aromanya semakin menggoda.

Perpaduan aroma bawang putih, kencur, daun jeruk yang muncul dari kuahnya, ditambah kenyal dan gurihnya cilok, dijamin akan membuat Anda ketagihan. Cilok yang satu ini, akan semakin enak jika ditambah dan taburan pilus dan irisan daun bawang.

Cilok goang bisa Anda jumpai di Jalan Karawitan Bandung, yang buka setiap jam 10 pagi hingga 8 malam.

Itulah rekomendasi lima cilok di Bandung terlaris di Bandung. Jangan lupa dicatat, ya!

Penulis Mega Dwi Anggraeni

Blog authors