Jokowi

Jokowi Beberkan Peran Penting Fintech Biayai UMKM

timurpost.ID timurpost.ID
January 29, 2022
Home
Jokowi
Jokowi Beberkan Peran Penting Fintech Biayai UMKM
 Jokowi Beberkan Peran Penting Fintech Biayai UMKM


timurpost.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, financial technology atau fintech memiliki peran penting untuk mendukung bisnis pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mengingat, fintech mampu menjadi alternatif pembiayaan bagi sektor UMKM.

"Jadi, peran Fintech untuk mendukung UMKM luar biasa penting," kata Jokowi dalam paparannya yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara Opening Ceremony The 3rd Indonesia Fintech Summit 2021, Sabtu (11/12).

Jokowi menerangkan, melalui fintech, para pengusaha kecil ini lebih mudah dalam mendapatkan pendanaan. Menyusul, ketentuan syarat maupun proses pencairan dana yang lebih efisien dan mudah.

"Ini (Fintech) merupakan sumber alternatif, karena prosedurnya dianggap sangat singkat, sederhana, dan mudah," ucapnya.

Maka dari itu, Jokowi berharap peran lebih Fintech untuk memperluas jangkauan pemberian dana bagi pelaku UMKM bi berbagai wilayah Indonesia. Sehingga, diharapkan mampu mengembangkan bisnis UMKM domestik di tengah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, pemerintah bersama regulator terkait juga berkomitmen untuk melahirkan berbagai kebijakan yang dapat menstimulus kelangsungan ekonomi digital, termasuk fintech.

"Ini sebagaimana yang di sampaikan bapak presiden (Jokowi) dalam berbagai kesempatan agar menekankan light and touch (sentuhan lembut) dari sisi regulasi," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

Blog authors