Bisnis

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Penuhi Dulu 4 Kualitas Ini

timurpost.ID timurpost.ID
December 07, 2021
Home
Bisnis
Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Penuhi Dulu 4 Kualitas Ini

 Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Penuhi Dulu 4 Kualitas Ini


timurpost.id -  Pandemi telah membuat hampir seluruh negara mengalami pengunduran diri yang hebat. Itu akibat dari menurunnya produktivitas perusahaan. Bahkan banyak pula perusahaan yang memutuskan hubungan kerja karyawannya. Namun, sejak saat itulah kemudian mulai bermunculan pengusaha baru.

Berkaitan dengan hal itu, seorang pengusaha tentu harus memiliki kualitas. Sebab, hal itu akan memengaruhi bisnis yang dijalankan. Kelak kualitas tersebut akan mendorong seseorang mencapai kesuksesannya.

Lantas apa saja kualitas yang harus dimiliki seorang pengusaha?

Melansir laman Enterpreneur, Senin (6/12/2021), berikut ini 4 kualitas yang dibutuhkan seorang pengusaha untuk mencapai kesuksesannya.

1. Bangga dengan pekerjaan sendiri

Kehidupan mulai berubah seiring adanya masa pandemi. Bahkan itu sangat terasa bagi para pegawai yang bekerja dengan perusahaan. Namun di balik itu, banyak yang akhirnya berminat meluncurkan bisnis sendiri secara pribadi.

Meskipun usaha kecil-kecilan, Anda harus tetap bangga dengan bisnis tersebut. Jangan ragu untuk membagikan cerita atau pengalaman dengan orang lain.

Menurut Inside Small Business Survey, 43 persen pemilik usaha kecil merasa berhasil dan bangga dengan apa yang telah dibangun. Dengan bangga terhadap bisnis sendiri, itu merupakan salah satu aspek yang paling menarik dari pemilik bisnis kecil.

2. Memiliki tantangan yang menggairahkan

Menjadi pemilik usaha atau bisnis kecil tentu akan menghadapi beragam tantangan. Perjalanan untuk melewatinya tentu tidak mudah. Di samping itu, mendapatkan tantangan dalam berbisnis pun bukanlah hal buruk. Anda perlu mengerti bahwa dengan tantangan itu akan membuat bisnis atau usaha tumbuh dan berkembang.

Seiring menghadapi dampak pandemi yang berkepanjangan, pemilik usaha kecil terus menghadapi tantangan yang begitu luar biasa. Namun di samping itu, menurut sebuah survei, hanya 38 persen pemilik usaha kecil yang mampu membuat perubahan operasional. Perubahan tersebut menyangkut penawaran produk dan layanan baru, penjualan secara online, hingga penawaran.

3. Bangga menjadi pemimpin

Ketika Anda mendirikan bisnis ingatlah bahwa menjadi pemimpin yang kuat pasti bisnis akan berjalan dengan sukses. Itulah salah satu kuncinya di samping memerlukan ide yang bagus. Pada kenyataannya, orang yang berdedikasi akan sangat membawa produk atau bisnis dengan sukses ke masyarakat.

Menjadi seorang pemimpin adalah tentang memahami apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan dengan sendiri. Sebuah bisnis hanya dapat bertumbuh ketika seorang pemimpin mampu memahami pentingnya memberdayakan tim. Jika bisnis berkembang dalam hal itu, Anda selangkah lebih maju untuk memulai hingga mengembangkan bisnis.

4. Memiliki etos kerja yang kuat

Setiap orang memiliki tujuan dan motivasi masing-masing. Beberapa orang memang terdorong oleh kesuksesan karier yang diinginkan. Sementara yang lainnya itu karena stabilitas keuangan.

Di samping itu, bila Anda ingin membangun bisnis hingga sukses itu tidak akan terjadi hanya dengan semalaman. Untuk mewujudkannya tentu perlu ketekunan, tekad, dan semangat. Di samping itu, kerja keras pun menjadi poin nomor satu sebagai kunci kewirausahaan dan mempertahankan bisnis berkelanjutan.

Karenanya, seorang pengusaha harus memiliki etos kerja yang kuat. Sebab, menjadi pemimpin bisnis merupakan impian yang ingin diraih oleh banyak orang. Bahkan pengusaha bisa berperan penting dalam tulang punggung perekonomian.


Blog authors