Lion Air

Wings Air Kembali Resmikan Penerbangan Perdana, Cek Rutenya

timurpost.ID timurpost.ID
November 22, 2021
Home
Lion Air
Wings Air Kembali Resmikan Penerbangan Perdana, Cek Rutenya

 


timurpost.id - 22 November 2021. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group mengumumkan telah meresmikan rute baru hari ini (22/ 11) di wilayah Sulawesi Utara. Penerbangan perdana dari Bandar Udara Naha, Tahuna, Kepulauan Sangihe (NAH) ke Bandar Udara Melonguane, Kepulauan Talaud (MNA).

Terbang pertama nomor IW-1160 lepas landas dari Bandar Udara Naha pukul 09.10 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan mendarat mulus di Bandar Udara Melonguane pada 10.20 WITA. Tanda pendaratan penerbangan berjadwal perdana ini, dilakukan penyemperotan pada badan pesawat (water salute), dengan sambutan antusias Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr. Elly Engelbert Lasut, M.E,  bersama perwakilan pemerintah daerah setempat, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pengelola bandar udara yang diwakili oleh Edy Patodingan dan Stenly Mussu.

Wings Air optimis, ketersediaan penerbangan Wings Air akan mengakomodir calon penumpang yang berasal dari Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, Pulau Kabaruan, Kepulauan Nanusa, Pulau Mingas serta wilayah lain di sekitar.

Layanan penerbangan Wigns Air dari Kepulauan Sangihe akan menjawab kebutuhan dari wilayah Kendahe, Kepulauan Marore, Manganitu, Manganitu Selatan, Nusa Tabukan dan daerah lain di sekitar.

Tahap awal, Wings Air melayani frekuensi terbang 2 (dua) kali dalam sepekat setiap Senin dan Jumat. Wings Air senantiasa melakukan evaluasi pasar, bila mendatang tren permintaan layanan penerbangan meningkat, maka operasional penerbangan akan disesuaikan kebutuhan pasar.

Tarif tiket spesial satu kali terbang (one way) di rute Tahuna ke Melonguane mulai dari Rp 289.000. Harga tiket terbaik satu kali jalan Melonguane ke Tahuna mulai dari Rp 289.000.

Operasional penerbangan di rute tersebut, menempatkan Wings Air sebagai maskapai satu-satunya yang melayani penerbangan penumpang berjadwal domestik saat ini. Mendatang, pengembangan rute atau jaringan akan dilakukan secara bertahap.

Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari internal, pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak terkait lainnya dalam persiapan penerbangan berjadwal ini. Berharap, dengan sinergitas ini akan terlaksana lancar, sehingga Wings Air dapat menjangkau dan melayani penerbangan dalam wilayah (intra) Sulawesi Utara.

Terhubung ke Berbagai Kota

Wings Air optimis, ketersediaan penerbangan dengan jadwal yang tepat semakin membantu dan berkontribusi positif dalam perkembangan daerah sejalan program pemerintah. Konektivitas “Indonesia Bagian Utara” semakin terbuka sebagai salah satu pusat ekonomi baru yang mempunyai sentra kerajinan, industri kreatif dan pertumbuhan sektor lainnya.

Harapan terbesar, guna mengakomodir kebutuhan permintaan wisatawan, pebisnis dan masyarakat terhadap transportasi udara. Selain itu, dapat menyediakan pilihan terbang di dalam negeri (Indonesia) karena penerbangan saling terhubung.

Pengoperasian penerbangan diharapkan mengakomodir permintaan pasar angkutan udara di kedua kota, sehingga semakin meningkatkan minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara secara langsung (point to point), serta memberikan pilihan terbaik penerbangan Sulawesi Utara (MANADO – TAHUNA – MELONGUANGE). Dengan demikian konektivitas Sulawesi Utara serta daerah-daerah lainnya menjadi relatif singkat serta kemudahan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota lain semakin banyak dan lebih luas lagi.

Masyarakat (penumpang) dari Tahuna dan Melonguane terkoneksi ke Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado, yangmenawarkan kesempatan bisa melanjutkan penerbangan ke Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Luwuk, Gorontalo, Ternate, Palu, Balikpapan, Kendari, Toli-Toli, Buol, Ambon, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Banjarmasin, Pontianak, Lampung, Batam, Palembang, Pekanbaru, Medan serta destinasi lain.

Terbang itu Aman, Sehat dan Menyenangkan

Dalam penerbangan ini, Wings Air telah mempersiapkan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600. Keduanya menawarkan kapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2.

Keunggulan pesawat dalam upaya menawarkan pengalaman terbaru bagi penumpang (pebisnis dan wisatawan), ATR 72 adalah pesawat berteknologi canggih dengan tingkat kenyamanan lebih terasa selama penerbangan karena dibekali interior yang dirancang lebih futuristik, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan karena pesawat mampu terbang rendah.

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Dalam hal ini, bagian kesungguhan terhadap kesehatan karyawan serta penumpang, sejalan upaya memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.
 
Wings Air memaksimalkan berbagai langkah guna pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

Dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

Blog authors