Bisnis

Maksimalkan Penjualan Diakhir Tahun dengan 3 Cara Ini

timurpost.ID timurpost.ID
November 23, 2021
Home
Bisnis
Maksimalkan Penjualan Diakhir Tahun dengan 3 Cara Ini

 

Maksimalkan Penjualan Diakhir Tahun dengan 3 Cara Ini

timurpost.id - Tidak terasa saat ini sudah hampir memasuki penghujung tahun. Waktu-waktu seperti ini biasanya menjadi momentum para pebisnis memaksimalkan penjualan. Supaya memuaskan, ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Dalam dunia bisnis, masa-masa di penghujung tahun seperti ini biasa disebut dengan kuartal keempat. Selain memaksimalkan penjualan, momen pada kuartal keempat pun menjadi waktu untuk mempersiapkan bisnis supaya lebih baik lagi di tahun mendatang.

Salah satu yang menjadi poin terpenting tentu mengenai pemasaran bisnis. Sebab, pemasaran adalah tentang menciptakan eksposur dan mengembangkan kepercayaan dalam komunitas. Namun, itu juga harus menjadi upaya yang konsisten dan berkelanjutan.

Berkaitan dengan hal itu, berikut ini tips-tips memaksimalkan penjualan atau pemasaran dalam bisnis di momen akhir tahun, seperti dilansir dari laman Forbes, Senin (22/11/2021).

Lakukan Pemasaran Online

Sejak awal pandemi, hampir seluruh orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah masing-masing. Karena itu, menjadi lebih penting bagi sebuah bisnis untuk ikut berkecimpung di dunia bisnis online sehingga mampu mengikuti perkembangan.

Sebagai contoh, penjualan e-commerce di AS saja telah melonjak menjadi USD 791,7 miliar pada tahun 2020. Itu mengalami kenaikan dari USD 598 miliar pada tahun 2019. Dari situlah terlihat bahwa sangat penting bisnis pun mengikuti tren dan ikut bersaing di pasar online.

Untuk memulai atau menjalankannya secara berkelanjutan, Anda bisa terus berupaya dengan aktif meningkatkan penjualan online melalui ulasan pelanggan dan promosi bisnis yang jujur. Sebagai bagian dari upaya ini, cobalah untuk membuat video yang menarik. Kemudian Anda bisa mengunggahnya di media sosial.

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk memanfaatkan hal tersebut. Membuat konten video yang menarik tentang bisnis, produk, atau layanan yang ditawarkan dapat menjadi cara yang efektif untuk terhubung dengan para pelanggan.

Lakukan Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung menjadi cara lain yang efektif untuk memasarkan bisnis kepada para pelanggan potensial Anda. Selain itu, cara ini pun dianggap dapat sangat membantu memasarkan bisnis karena Anda bisa lebih percaya diri untuk melakukannya.

Seperti namanya, pemasaran ini tentu dilakukan secara langsung kepada pelanggan atau klien. Bisa secara langsung bertatap muka atau melalui media. Menurut informasi, sejak pandemi, setidaknya ada sepertiga dari konsumen telah menghabiskan waktunya untuk membaca email.

Lakukan Pemasaran Meski Anggaran Pas-pasan

Bagi beberapa orang yang mengalami kesulitan memasarkan bisnisnya, karena mempertimbangkan waktu dan biaya, Anda harus tetep melakukannya. Jangan khawatir, ada cara efektif untuk mengatasinya.

Salah satu caranya tentu tetap memanfaatkan media sosial. Jangan hanya satu platform, gunakanlah banyak platform untuk mempromosikannya.

Saya sudah menunjukkan perlunya terlibat dengan konsumen Anda di media sosial. Dengan menggunakan berbagai platform media sosial, Anda dapat memasarkan bisnis Anda langsung ke klien ideal Anda sambil memanfaatkan analitik setiap platform. Ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana konten Anda dilihat dan seberapa sering setiap jenis konten terlibat. Dengan informasi ini di ujung jari Anda, Anda dapat memodifikasi dan menyesuaikan konten Anda untuk memaksimalkan jangkauan sosial bisnis Anda.

Selain bisa memasarkan bisnis lewat email, Anda juga bisa sesekali bisa membuat promo atau giveaway di media sosial. Anda bisa melakukannya dengan menyertakan syarat. Misalnya audiens diminta untuk mengikuti, berkomentar, menyukai, atau menandai teman di sebuah postingan pada akun bisnis Anda.

Terlepas dari itu semua, jangan lupa pula bahwa Anda juga harus mulai membuat rencana pemasaran untuk tahun berikutnya. Mulai saat ini, setidaknya Anda sebaiknya bisa meluangkan waktu meskipun sebentar untuk merencanakan strategi pemasaran tersebut.

Blog authors