Keuangan

7 Hal yang Miliarder Lakukan untuk Raih Kekayaan

timurpost.ID timurpost.ID
November 06, 2021
Home
Keuangan
7 Hal yang Miliarder Lakukan untuk Raih Kekayaan

 7 Hal yang Miliarder Lakukan untuk Raih Kekayaan

timurpost.id - Tentunya, setiap orang ingin meraih kesuksesan dan kekayaan layaknya miliarder dunia. Namun, menjadi kaya tidak hanya tentang menghasilkan banyak uang, tetapi juga memiliki perencanaan untuk mengendalikan kekayaan tersebut.

Penting bagi seseorang menerapkan kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan, termasuk mengembangkan uang yang sudah ada melalui investasi.

Selain berstatus sebagai miliarder, Warren Buffet, Elon Musk, Bill gates, Jeff Bezos, hingga Oprah Winfrey juga memiliki gaya hidup dan kebiasaan dalam mengelola keuangan sehingga mampu mengantarkan mereka kepada posisinya saat ini.  

Melansir dari India Times, Kamis (4/11/2021), inilah 7 hal yang dilakukan para miliarder untuk meraih kekayaan.

1. Terapkan Aturan 30 Hari Sebelum Melakukan Pembelian Impulsif


Pernahkah Anda membeli barang secara impulsif dan menyesali tindakan tersebut? Jika ya, Anda harus mencoba aturan 30 hari.

Ketika Anda akan melakukan pembelian impulsif, segera berhenti dan tunda pembelian selama 30 hari ke depan. Anda bisa memasukkan barang tersebut ke dalam daftar keinginan atau membiarkannya tetap di keranjang jika berbelanja melalui e-commerce.

Namun, jika Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut, kunjungi toko setelah 30 hari.

Hal ini bisa menghentikan tindakan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Kemungkinan besar, pembelian barang yang ditunda sebelumnya menjadi sesuatu yang benar-benar Anda inginkan setelah 30 hari.

2. Menabung Dulu, Belanja Kemudian

“Jika Anda membeli barang yang tidak dibutuhkan, Anda akan segera menjual barang yang Anda butuhkan,” ujar Buffet.

Hal ini yang menjadi alasan kebanyakan orang kaya menabung terlebih dahulu.

Ubah segera pola pikir bahwa Anda tidak bisa menabung karena penghasilan yang tidak mencukupi. Kuncinya terletak pada kebiasaan menabung terlebih dahulu dan membelanjakannya kemudian.

Sisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulannya untuk dijadikan sebagai tabungan dengan persentase 20 persen, 30 persen, ataupun 50 persen.

Anda harus tetap disiplin saat menerapkan kebiasaan ini. Tetap ingat untuk meningkatkan jumlah uang yang ditabung, seiring dengan meningkatnya penghasilan Anda.

3. Catat Pikiran Setiap Hari

Kebiasaan untuk membuat catatan setiap hari dengan menuliskannya di atas kertas menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang kaya. Ketika menulis, Anda akan merenungkan dan melatih pikiran untuk berpikir secara harmonis.

Lalu, kebiasaan ini juga memungkinkan Anda merenungkan apa yang terjadi sepanjang hari, hal berbeda apa yang bisa Anda lakukan, serta pembelajaran apa yang Anda dapatkan pada hari itu.

Jika Anda lebih suka untuk mengetik pikiran di laptop dibandingkan menuliskannya di atas kertas, tidak menjadi masalah karena yang terpenting adalah Anda merenungkan pikiran dan tindakan dengan damai.

4. Tidak Mengikuti Semua Hal

Ketika terus-menerus mengikuti hal yang dilakukan oleh orang lain, Anda akan menjadi seperti orang lain. Seharusnya, Anda tidak perlu mengikuti semua hal tersebut dan pikirkan hal-hal yang sudah jelas.

Untuk setiap situasi besar atau kecil yang dihadapi, miliki pola pikir out of the box dan uji kembali nilai-nilai lama yang dianut oleh masyarakat selama beberapa dekade.

Dengan demikian, Anda memberi diri sendiri kebebasan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen.  

5. Selalu Belajar


Semua hal yang Anda ketahui atau kuasai hari ini, mungkin bisa tidak bermanfaat keesokan harinya. Satu-satunya cara untuk terus berkembang adalah dengan belajar.

Indra Nooyi dan Buffett selalu menekankan bahwa Anda harus menjadi pelajar kehidupan. Pasalnya, kehidupan selalu memiliki sesuatu yang bisa mengajarkan seseorang setiap hari dengan cara yang tidak terbayangkan.

6. Membaca Setiap Hari

Kebiasaan membaca yang dimiliki Buffett berfungsi sebagai instrumen dasar untuk meningkatkan pengetahuannya. Sebanyak 88 persen orang kaya ternyata memiliki kebiasaan membaca 30 menit per hari.

Anda bisa mencoba hal yang sama dengan mengambil secangkir kopi dan membaca buku yang bisa membawa Anda ke lautan pengetahuan.

7. Berinvestasi Sekarang

Albert Einstein pernah mengatakan bahwa bunga majemuk adalah keajaiban dunia kedelapan. Mereka yang memahaminya akan mendapatkannya, sedangkan yang tidak memahaminya harus membayarnya.

Semakin cepat Anda mulai berinvestasi, maka semakin banyak pula waktu Anda untuk menunggu bunga majemuk bekerja dalam jangka panjang. Hal ini bisa meningkatkan nilai uang sehingga Anda akan memperoleh pengembalian yang lebih besar.


Blog authors