Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Awas jangan Tertipu, Email Palsu Berkedok Bank BCA, Simak Modusnya

Kamis, 02 September 2021 | September 02, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-02T16:52:28Z
Bank BCA


timurpost.id - Penipuan dengan mengatasnamakan sebuah bank marak terjadi. Para pelaku melakukan modusnya dengan cara menghubungi calon korban dengan mengaku sebagai petugas bank dan dengan berbagai cara berusaha memperoleh data pribadi nasabah untuk mendapatkan akses ke rekening tabungan. Alhasil, berbagai nasabah bank kerap tertipu dan mengalami kerugian akibat modus penipuan ini.


Tidak hanya memalsukan nomor telepon, chat, akun sosial media dan website, email resmi bank pun sekarang dipalsukan. Tujuannya adalah untuk phising atau pengelabuan sehingga pelaku mendapatkan data nasabah yang kemudian akan dipergunakan untuk membobol akun rekening / kartu kredit milik nasabah. Salah satu bank yang menjadi sasaran pelaku kejahatan untuk dipalsukan alamat email-nya adalah bank BCA. 


Melalui laman khusus tentang Edukasi Fraud di website bca.co.id, pihak bank BCA mengimbau nasabah untuk mewaspadai modus penipuan tersebut dengan mengedukasi email-email resmi milik bank BCA.


Bank BCA memiliki beberapa email resmi BCA beserta kegunaannya, seperti:


1. halobca@bca.co.id : Email resmi contact center Halo BCA, untuk menerima keluhan / pertanyaan dari nasabah.


2. KartuKreditBCA@klikbca.com : Email resmi notifikasi transaksi kartu kredit BCA.


3. eStatement@klikbca.com (antara huruf “e” dan “Statement” tidak menggunakan tanda “-“) : Email resmi pengiriman billing statement kartu kredit BCA.


4. Fraud_Issuing@bca.co.id : Email resmi konfirmasi transaksi kartu kredit diluar kewajaran.


Berikut tips penting agar terhindar dari modus email palsu:


1. Perhatikan akun email pengirim (sender), biasanya mirip / serupa tapi tak sama dengan email resmi di atas atau di masking! Klik detil alamat sender, jika tidak sama dengan salah satu email resmi di atas, sudah pasti penipuan.


2. Email resmi tidak pernah memberikan link apapun. Email palsu biasanya memberikan link untuk diisi data oleh cardholder.


3. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun (telpon, email, social media, chat, dsb)


4. Jaga selalu kerahasiaan data pribadimu seperti nomor kartu, PIN, CVV/CVC, OTP dll. #DatamuRahasiamu.

Baca info selengkapnya di sini 


Kenali email-email resmi bank BCA agar tidak anda tidak menjadi korban oleh penipuan yang serupa tapi tak sama. Dan jangan pernah share data pribadimu di media apapun, karena #DatamuRahasiamu. 


Jika anda sudah terlanjur terkena penipuan dengan modus ini, segera hubungi Halo BCA di 1500888. 


Yuk, simak modus-modus lainnya di www.bca.co.id/awasmodus biar jadi generasi anti modus.

×
Berita Terbaru Update