Cara Mengolah dan Menikmati Bunga Telang yang Kaya Manfaat

 Cara Mengolah dan Menikmati Bunga Telang yang Kaya Manfaat


timurpost.id - Bunga Telang yang dikeal sebagai Butterfly bule pea atau Clitoria Ternatea, memiliki banyak manfaat bagi tubuh apabila diolah dengan cara yang benar. 


Hasil riset dari Departement of Veterinary Clinic, Repoduction & Pathology, Institut Pertanian Bogor atau IPB, menyebutkan bahwa bunga telang memiliki antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.


Untuk menjaga khasiatnya proses pengolahan bunga telang haruslah tepat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara pengolahan [bunga telang](4384805 "") yang kaya manfaat :


1. Pengeringan Alami

Pengeringan alami atau menggunakan sinar matahari ini dapat dilakukan setelah bunga dicuci bersih menggunakan air mengalir, kemudian dijemur di bawah sinar matahari kurang lebih selama dua hari. Perlu diingat proses penjemuran hanya boleh dilakukan hingga pukul 12.00 agar kandungannya tetap terjaga


Pengeringan menggunakan oven hanya butuh waktu singkat, setelah bunga telang dicuci bersih kemudian dipanaskan menggunakan oven selama dua jam dengan suhu 50 derajat Celsius. Setelah kering, bunga telang dapat disimpan di wadah tertutup dan ingat jangan simpan bunga telang terlalu lama agar tidak lembab dan terinfeksi jamur yang dapat menghilangkan manfaat bunga telang.


Cara menikmati bunga telang juga cukup mudah. Hanya perlu diseduh dengan air panas dan siap diminum. Bahan lain seperti madu, lemon dan gula juga bisa ditambahkan supaya lebih nikmat.Bunga telang dipercaya ampun utuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, mengatasi kerontokan rambut, mencegah inflamasi hingga obat awet muda karena dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.