Home
corona
Covid-19
Kenaikan Kasus
pandemi
Stop Covid-19
Virus Corona
Waspada, Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Selama Sepekan Terakhir
Ilustrasi


timurpost.id -  Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kasus baru virus Corona di Indonesia melonjak naik hingga 48.821 selama sepekan terakhir. Menurut dia, kenaikan kasus tersebut dipengaruhi oleh lonjakan kasus di lima provinsi.


"Penambahan ini dikontribusikan dari 5 provinsi dengan kenaikan tertinggi yakni, Jawa Barat naik 7.246 kasus, Jawa Tengah naik 5.568 kasus, DKI Jakarta naik 5.324 kasus, Riau naik 4.737 kasus, dan Kepulauan Riau naik 2.008 kasus," ujar Wiku dikutip dari siaran persnya, Rabu (2/6/2021).


Dia menyampaikan, Pulau Jawa menyumbang 53 persen kasus positif Covid-19 secara nasional selama seminggu terakhir. Wiku pun meminta kepala daerah di Pulau Jawa segera berkonsolidasi untuk melakukan penanganan bersama.


"Ini adalah angka yang cukup tinggi. Mengingat hanya dengan 6 provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah dari total kasus nasional," kata dia.


Menurut dia, keberhasilan penanganan Covid-19 di Pulau Jawa akan sangat berdampak pada perkembangan kasus secara nasional. Hal ini mengingat 55 persen atau 145 juta dari total penduduk Indonesia berada di Pulau Jawa.


Selain itu, Pulau Jawa juga didominasi kota-kota besar dan ibukota Indonesia yakni DKI Jakarta berada di Pulau Jawa. Wiku menuturkan provinsi di Pulau Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur merupakan daerah dengan tujuan mudik terbesar selama periode Idul Fitri.


"Pemerintah provinsi di Pulau Jawa harus segera memperbaiki penanganan di wilayahnya," ucap Wiku.

Blog authors