Keuangan

Cara Mudah Melakukan Penghematan Uang agar tidak Over

timurpost.ID timurpost.ID
February 08, 2022
Home
Keuangan
Cara Mudah Melakukan Penghematan Uang agar tidak Over
Ilustrasi Hemat uang


timurpost.id -
  Kita pasti pernah mendengar atau menemukan seseorang yang memenangkan lotre atau membuat warisan yang membuatnya sangat kaya dalam semalam. Tapi kemudian Ia kehilangan segalanya dan berubah menjadi orang miskin lagi.


Tidak ada yang ingin hal tersebut terjadi pada diri kita. Trik menjadi kaya bukan hanya untuk menjadi kaya tetapi juga mempertahankan kekayaan tersebut dan itu adalah sesuatu yang tidak semua orang mampu lakukan.


Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa ide penghematan uang ini, yang dilansir dari laman magforwoman.


1. Jangan buru-buru membeli apapun

Suatu saat Anda mungkin terbangun di suatu pagi yang cerah dari mimpi dengan keinginan yang mematikan untuk membeli mobil mahal, tetapi tunggu sebelum pergi ke dealer.


Selalu tunggu setidaknya dua minggu sebelum melakukan investasi dan pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Selain itu, ini juga akan memungkinkan untuk membuat keputusan yang tepat tentang merek dan dealer, jika Anda memutuskan untuk melanjutkan dan membelinya.


2. Patuh pada daftar belanja

Membeli barang secara impulsif harus dihindari. Pegang erat-erat daftar belanja dan jangan membuat penyimpangan yang tidak diinginkan darinya. Menyingkir dari lorong barang yang tidak ada pada daftar. Bertekad untuk melewati dan melihat-lihat saja akan besar kemungkinana Anda menginginkan sesuatu yang tidak dibutuhkan.


3. Adakan kumpul-kumpul di rumah

Anda dapat bersenang-senang di rumah bersama teman-teman dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pergi ke restoran mewah. Hindari makan di luar yang tidak perlu dan seringlah untuk merayakan di rumah.


4. Menggunakan transportasi umum

Angkutan umum tidak hanya lebih murah tetapi terkadang juga membawa Anda lebih cepat sampai ke tujuan. Selain itu, Anda juga akan menyelamatkan bumi ini untuk generasi mendatang dengan menghemat bahan bakar.


5. Hindari kemewahan

Lakukan pekerjaan Anda sendiri alih-alih meminta orang lain melakukannya. Buatlah secangkir kopi sendiri daripada menuju ke coffee shop. Dengan berhemat sedikit lama-kelamaan uang penghematan tersebut akan menjadi banyak dan Anda akan menemukan keajaiban di tabungan Anda.


6. Beli dalam jumlah besar

Jika memungkinkan, lebih baik membeli dalam jumlah besar. Anda tidak dapat membayangkan berapa banyak yang dapat dihemat dengan cara ini. Barang yang tidak mudah rusak dapat dibeli dengan harga grosir dan disimpan dengan aman di ruang penyimpanan untuk digunakan di masa mendatang.


7. Bayar tagihan tepat waktu

Berapa kali Anda harus membayar biaya keterlambatan ketika lupa membayar tagihan listrik atau terlalu sibuk untuk membayar tagihan telepon? Pengeluaran yang tidak perlu ini dapat dihindari dengan aman dengan sedikit lebih berhati-hati.


8. Hindari merek

Kebanyakan tas biasanya memiliki bahan yang hampir sama bagusnya. Begitu juga dengan pakaian dan lainnya. Jangan terobsesi dengan merek atau brand mahal. Beli barang-barang bermerek hanya jika Anda yakin bahwa barang-barang itu lebih unggul dan memiliki kegunaan lebih dari barang-barang lainnya. 


Merek lokal saat ini sudah sangat berkembang dan harganya pasti mudah untuk dijangkau. Dengan kualitas yang sama bagusnya dengan merek internasional, menggunakan merek lokal kenapa tidak?


Lupakan gengsi, dan hematlah untuk tabungan masa depan yang cerah.


Blog authors