Home
Bisnis
Cara
Covid-19
Job
Kesehatan
Kesehatan Mental
Pekerjaan
Tips
Cara Menjaga Batasan Kerja agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga


timurpost.id - Tidak mengherankan jika kesehatan mental ikut menjadi bidang yang terpukul selama pandemi Covid. Sebuah survei bulan Desember dari Biro Sensus A.S. menemukan bahwa 42% orang dewasa A.S. melaporkan gejala kecemasan atau depresi, naik dari 11% di tahun-tahun sebelumnya.


Tetapi ada aspek kehidupan di tengah pandemi dimana bekerja dari jarak jauh, tinggal di rumah, dan memilih keluar dari situasi sosial misalnya, yang membuat hidup dan mengelola kesehatan mental mereka lebih mudah bagi sebagian orang.


Sementara banyak yang berjuang untuk menyeimbangkan pengasuhan anak atau merasa terbebani oleh isolasi, yang lain lebih memilih fleksibilitas kerja jarak jauh dan telemedicine, dan bersyukur tidak harus berpartisipasi dalam acara sosial.


Mengutip CNBC, Senin (31/05/2021), jika Anda sama sekali takut untuk kembali ke "kehidupan normal", berikut adalah cara untuk mengatasinya, menurut para ahli.


Merasa takut adalah hal yang wajar, tetapi perubahan itu sehat


Dalam periode stres entah itu karena pandemi, kekacauan ekonomi, atau kerusuhan rasial, kita membuat penyesuaian untuk mengelola penyebab stres yang berada dalam kendali kita, kata David Rosmarin, asisten profesor di departemen psikiatri di Harvard Medical School dan pendiri Center for Anxiety. 


Dalam kasus pandemi, misalnya, banyak orang mulai bekerja dari rumah dan merampingkan interaksi sosial untuk menghindari kontak dengan virus.


“Itu adalah proses yang baik dan sehat karena kita semua telah melakukan adaptasi tersebut,” kata Rosmarin. 


Selama setahun terakhir, kita menjadi sangat nyaman dengan kehidupan "normal baru" kita, dan mungkin merasakan ketakutan atau kecemasan yang berlebihan tentang kembali ke keadaan sebelumnya.


Pada akhirnya, beberapa aspek kehidupan akan kembali seperti sebelum pandemi, dan solusi sementara ini mungkin tidak lagi berguna bagi kita. 


“Jika Anda terus menggunakannya, mereka benar-benar mengganggu kesehatan mental, dan bisa menjadi masalah,” tambahnya.


Kecemasan adalah kondisi perasaan "penuh ketakutan," kata Margaret Wehrenberg, psikolog dan penulis "Pandemic Anxiety: Fear, Stress, and Loss in Traumatic Times".


Untuk meredakan perasaan takut, orang dengan kecemasan sering menghabiskan "waktu yang berlebihan untuk memindai dunia mereka untuk mencari masalah dan mencoba menyelesaikannya," kata Wehrenberg.


Hal ini dapat membuat orang melampirkan kekhawatiran mereka pada sesuatu yang tidak selalu menjamin atau tidak didasarkan pada kenyataan.


Tentu saja, pandemi telah memberi banyak alasan bagi Anda untuk mengkhawatirkan keselamatan. 


Tetapi, mengidentifikasi saat-saat ketika Anda merasakan gejala kecemasan (misalnya gelisah, kelelahan, mudah tersinggung, khawatir atau sulit tidur) dan memberi label seperti itu dapat membantu Anda merasa bisa mengendalikan apa yang akan terjadi selanjutnya.


Kembali bekerja memang mengharuskan Anda untuk menanggung sejumlah risiko, bahkan jika Anda telah divaksinasi penuh. Tingkat kenyamanan dapat bervariasi dari orang ke orang, kata Rosmarin. 


Perusahaan harus terbuka untuk mendengar preferensi individu daripada mengadopsi kebijakan umum, katanya.


Ingin tahu bagaimana Anda dapat menetapkan batasan yang tepat sebagai karyawan? 


“Pikirkan lebih ke arah hal koordinasi dan diskusi,” ujar Rosmarin.


Pertama, "cari tahu fleksibilitas apa yang ada di dunia individu Anda untuk mendiskusikannya dengan supervisor," kata Wehrenberg. 


Dapatkan informasi sedetail mungkin tentang kebijakan pengembalian, sehingga Anda dapat membentuk opini yang akurat dan menentukan apa yang Anda butuhkan.


Juga pikirkan tentang apa yang berhasil untuk Anda: "Adakah hal-hal tentang jadwal tempat Anda bekerja dan cara Anda bekerja, yang mungkin lebih cocok untuk Anda?" dia berkata.


Orang dengan bahkan sedikit kecemasan sosial atau rasa malu sebelum pandemi umumnya tidak terganggu dengan tinggal di rumah dan bekerja dari jarak jauh dan mungkin merasa lega karena tidak berurusan dengan interaksi langsung, kata Wehrenberg. 


“Kembali ke lingkungan mereka akan sangat sulit,” katanya.


Kecemasan sosial ditandai dengan ketakutan dihakimi oleh orang lain, merasa sadar diri dalam situasi sosial sehari-hari dan menghindari bertemu orang baru, menurut National Institutes of Health. 


Di tempat kerja, seseorang dengan kecemasan sosial mungkin merasa gugup untuk berbicara dalam rapat, berhubungan dengan rekan kerja, atau mengajukan pertanyaan kepada supervisor.


Salah satu cara untuk memerangi perasaan ini adalah dengan "mengembangkan antisipasi yang akurat tentang apa yang diharapkan dari Anda," kata Wehrenberg. 


Misalnya, protokol apa yang akan diterapkan seputar jarak sosial atau pemakaian masker saat Anda kembali ke kantor?


Jika Anda merasa telah salah menafsirkan isyarat sosial seseorang, penting untuk menemukan cara untuk mendekatinya secara langsung tanpa ragu, katanya. 


"Menjauh dengan perasaan tidak pasti akan membuat kecemasan Anda memuncak," katanya.


Akan sangat membantu jika Anda merencanakan beberapa acara sosial dalam seminggu agar Anda merasa nyaman berada di sekitar orang, kata Rosmarin. Sebab, masa isolasi dapat memperburuk kecemasan.


"Ketika orang terisolasi dan sendirian, mereka merasa kurang percaya diri dan cenderung bersikap negatif," katanya. 


“Jadi, kecemasan sosial terbangun, dan kemudian semakin sulit bagi mereka untuk keluar dan mendapatkan dorongan emosi positif,” tambahnya.


Kembali bekerja akan terasa aneh, terlepas dari preferensi pribadi Anda tentang situasi saat ini.


Jika Anda masih takut, Wehrenberg menyarankan agar Anda memikirkan tentang sebelum pandemi dan bagaimana perasaan Anda tentang tempat kerja pada hari yang baik. 


Pikirkan detail tentang segala hal mulai dari perjalanan Anda hingga rekan kerja Anda, dan cobalah untuk mengubah sikap Anda.


“Akan terlihat seperti apa jika Anda mengalami hari yang menyenangkan, kembali bekerja sekarang? Bagaimana perasaan Anda tentang perjalanan Anda? Apa yang akan Anda lakukan dengan waktu Anda?” imbuhnya.

Blog authors