Cara Ekonomi Tips

Cara Hentikan Kebiasaan Boros

timurpost.ID timurpost.ID
June 08, 2021
Home
Cara
Ekonomi
Tips
Cara Hentikan Kebiasaan Boros


Ilustrasi Boros


timurpost.id - Pembelian impulsif menjadi penyebab utama rusaknya anggaran dan menyebabkan rekening bank kering. Kita seperti tidak bisa hidup tanpa hal khusus tersebut, hanya untuk kemudian menyadari bahwa itu sama sekali tidak perlu.


Melansir dari laman magforwoman, inilah 6 cara untuk menghentikan diri dari pembelian yang impulsif.


1. Jangan Berbelanja Saat Sedang Kesal

Berbelanja sering membantu seseorang untuk bergembira. Oleh karena itu, saat berbelanja dalam suasana hati yang buruk, kita cenderung membeli lebih banyak barang daripada yang dilakukan dalam suasana hati yang normal.


2. Berbelanja dengan Orang yang Hemat

Teman atau kerabat seperti itu tidak akan pernah membiarkan Anda membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.


Mereka akan selalu mengingatkan Anda tentang hal-hal yang lebih penting yang benar-benar dibutuhkan dan itu bermanfaat agar bisa menabung dan tidak hanya membuang-buang uang saja.


3. Tinggalkan Kartu Kredit di Rumah

Belanjalah dengan uang tunai. Ini akan membantu mengurangi pembelian yang tidak perlu yang membuat Anda tergoda untuk melakukannya berlebihan.


Secara psikologis, akan lebih menyakitkan berpisah dengan uang tunai daripada menyerahkan kartu kredit kepada orang di kasir.


4. Hindari Berbelanja dengan Teman yang Manja

Beberapa orang dimanjakan, sementara yang lain hanya kaya raya. Hindari berbelanja dengan orang-orang seperti ini. Mereka akan menghabiskan uang dengan cara yang paling sia-sia, dan Anda akan merasa ingin melakukan hal yang sama.


5. Jangan Terkecoh dengan Diskon

Penjualan dengan penurunan harga yang besar benar-benar dapat menggoda siapa pun. Sebelum melakukan pembelian seperti itu, tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, “Apakah saya benar-benar membutuhkannya? Sekarang juga?"

Kemudian ingatkan diri bahwa ini bukanlah diskon terakhir sebelum akhir dunia. Potongan harga akan terus datang dan pergi. Anda tidak akan kehilangan apa pun dengan tidak memanfaatkan satu diskon tersebut.


6. Ikuti Aturan Waktu

Jika melihat sesuatu yang benar-benar ingin dibeli, buatlah diri Anda menunggu selama seminggu atau bahkan mungkin sebulan. Jika masih menginginkannya setelah periode itu, belilah. Namun itu juga menguntungkan ketika ternyata Anda tahu bahwa itu tidak pernah benar-benar dibutuhkan.

Blog authors