Home
bonebol
Botu Barani
Hiu Paus
Wisata Alam
Wow, Wisata Hiu Paus Gorontalo Terbaik di Indonesia
Hiu Paus Gorontalo


timurpost.id - Deputi Bidang Pengembangan Destinasi II, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) Wawan Gunawan menilai wisata hius paus Gorontalo adalah yang terbaik di Indonesia. 


Peringat ini diambil dari aspek aksesibilitas yang dekat dari bibir pantai dan dekat dari Kota Gorontalo. sejumlah pejabat Kemenpar berkesempatan melihat langsung dari dekat hiu paus yang ramah.


“Wisata hiu paus di Indonesia hanya tiga, di Berau, Kalimantan, teluk Cendrawasih Papua dan di Gorontalo. Saya sudah dua kali ke Berau tidak ketemu hiu paus, saya ke Teluk Cenderawasih lokasinya jauh," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi II, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan saat mengujungi wisata Hiu Paus. 


"Namun di sini dengan durasi waktu sangat singkat, saya kira ini sangat luar biasa kami langsung  bisa menyapa hiu yang ramah ini,” ujarnya.


Menurutnya, destinasi wisata hiu paus Gorontalo harus bisa dijaga dan dilestarikan. Ia sangat terkesan melihat empat ekor hiu paus mengitari perahu kala itu mereka ditumpangi.


"Wah, kami bisa melihat dan memberi makan hiu paus dari atas perahu tanpa harus snorkeling atau menyelam, ini harus dijaga," pintanya.


“Bahkan saya tadi merinding melihat ikan raksasa itu ketika mendekati perahu kami,”imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Gorontalo Rifli Katili menyebut, pemerintah daerah sudah menetapkan kawasan wisata hiu paus sebagai kawasan yang dilindungi yang sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.


“Pengembangan destinasi wisata hiu paus juga sudah memiliki master plan sejak tahun 2016 lalu. Meski begitu, tantangannya bagaimana analisis dampak lingkungan (AMDAL) harus selesai,” kata Rifli.


"Alhamudlillah dengan kunjungan menpar ini, mereka akan memberikan bantuan dua unit perahu dan alat bersih-bersih sampah laut," ia menandaskan

Blog authors