Home
Covid-19
Kemenkes
Kesehatan
Menpora
Piala Menpora
Timnas
Prokes di Piala Menpora Jadi Tolak Ukur di Kompetisi Sepak Bola Nasional
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memantau langsung pelaksanaan protokol kesehatan yang dilakukan Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021


timurpost.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memantau langsung pelaksanaan protokol kesehatan yang dilakukan Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021. Mereka ingin tahu bagaimana penerapan prokes di lapangan.


Pada Jumat sore (2/4/2021) kemarin, Kemenkes lewat tim pendamping protokol kesehatan datang langsung ke Stadion Maguwoharjo, Sleman. Tim dari Kemenkes yang diturunkan merupakan tim asistensi dan pendampingan terkait pelaksanaan prokes sesuai dengan hasil rakor sebelum digelar turnamen Piala Menpora 2021.


Seperti yang sudah diinformasikan ke publik, pada Jumat sore di Stadion Maguwoharjo, telah digelar dua pertandingan grup D. Yakni Persita Tangerang versus Bali United dan Persib Bandung melawan Persiraja Banda Aceh.


"Sejak setahun yang lalu, sebenarnya kami sudah berdiskusi secara langsung dengan PSSI terkait protokol kesehatan. Dan, kali ini ada turnamen pra musim yang paling tidak bisa menjadi tolok ukur penerapan prokes di sepak bola," ujar dr Harry Papilaya, tim pendamping Prokes dari Kemenkes seperti rilis yang diterima media.


Dalam kunjungan tersebut, dr Harry Papilaya dan timnya memastikan seluruh protokol Kesehatan harus dijalankan dengan benar. Didampingi wakil satgas penanganan Covid-19 Piala Menpora 2021, dr Alfan Nur Asyhar, mereka melihat dan mengamati secara langsung.


Itu dimulai dari tes swab antigen yang dilakukan pada pemain dan ofisial klub, tes swab antigen pada LOC yang berada di dalam stadion, sterilisasi fasilitas yang digunakan selama pertandingan, hingga penerapan prokes pada pertandingan.


Lebih dari itu, tim pendamping prokes dari Kemenkes tersebut juga memantau akomodasi hotel empat tim yang bersaing di grup D.


"Kami telah memantau semuanya dari awal. Prokes sebelum masuk stadion, hingga apa yang yang dilakukan di dalam stadion. Dari yang kami amati sejauh ini, semua sesuai dengan ekspektasi. Prokes untuk sepak bola, bisa dijalankan sesuai dengan apa yang kami inginkan. Fokus berikutnya, tinggal bagaimana menjaga konsistensi terhadap pelaksanaan prokes sampai dengan babak final Piala Menpora 2021 nanti," kata Hary dilansir Liputan6.com.


Sudjarno, kasatgas Covid-19 Piala Menpora 2021 sekaligus wakil ketua OC menyebut pihaknya akan berusaha konsisten untuk menerapkan prokes sesuai dengan apa yang sudah dikonsultasikan sejak awal.


"Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami ucapkan kepada Kemenkes atas supervisi, masukan dan arahannya. Kami akan berusaha maksimal untuk menjaga konsistensi tersebut di semua venue tempat digulirkannya Piala Menpora 2021. Terima kasih juga untuk masyarakat yang terbukti mampu dan mau mendukung tim cukup dari rumah saja," ujar Sudjarno.


Blog authors