Home
Buah
Kesehatan
Makanan Sehat
Ramadan
Ramadan Update
Aneka Macam Buah yang Tercatat dalam Al-Qur'an, Baik Untuk Kesehatan


Ilustrasi Buah


timurpost.id - Al Qur'an sebagai pedoman umat Islam memberi banyak pengetahuan bagi manusia. Al Qur'an selalu menjadi sumber inspirasi, pengetahuan, dan hukum bagi umat Islam di seluruh dunia. Salah satu pengetahuan yang tercantum dalam Al Qur'an adalah jenis buah-buahan yang baik.


Buah-buahan merupakan salah satu makanan sehat yang ada di bumi. Buah kaya akan serat dan vitamin yang mendukung kesehatan. Buah-buahan juga menyediakan berbagai macam antioksidan yang meningkatkan kesehatan, termasuk flavonoid. Makan makanan yang kaya buah dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.


Tercatat ada enam buah yang disebutkan di dalam Al Qur'an. Ini menjadikan buah-buahan ini istimewa di mata Islam. Buah-buahan yang tercantum dalam Al Qur'an pastinya memiliki manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya.


Berikut 6 buah-buahan yang disebutkan di dalam Al Qur'an, dilansir liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(19/04/2021).


Kurma


Kurma merupakan buah yang sudah tak asing lagi bagi umat Islam. Kurma adalah salah satu buah yang paling dikenal yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Kurma juga masuk dalam sunah Rasulullah SAW. Kurma disebutkan lebih dari 20 kali dalam Al-Qur'an.


Surat-surat yang menyebut kurma di antaranya seperti Ar-Rad, Maryam, Al-baqarah, Al-Hasyr dan Qaaf. Kurma mengandung serat dan antioksidan flavonoid. Antioksidan yang terkandung mampu mengatasi resiko diabetes, alzheimer dan beberapa jenis kanker.


Zaitun


Buah yang disebut dalam Al-Qur'an selanjutnya adalah zaitun. Buah ini disebutkan berkali-kali dalam Al-Qur'an. Surat yang menyebutkan buah ini seperti An-nur, Al-an’am, An-Nahl, Al-Mu’minun, ‘Abasa.


Buah zaitun ketika matang merupakan sumber dari vitamin E dan antioksidan. Di mana kandungannya tersebut berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Zaitun juga dikatakan membantu mengurangi peradangan dan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada persendian, otot, dan tendon tubuh.


Tin


Buah tin juga disebut dalam Al-Qur'an bahkan dalam satu surat khusus yaitu surat At Tin. Buah tin atau ara sering dianggap makanan lezat, dinikmati segar dan dikeringkan. Buah tin memiliki rasa manis dan berair saat matang.


Buah ara atau buah tin kering merupakan sumber mineral, vitamin dan antioksidan yang sangat baik. Buah Tin mengandung banyak gizi, rendah kalori dan tidak mengandung lemak dan tinggi serat. Tak hanya itu saja, buah tin juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.


Delima


Muncul dalam Al-Qur'an tiga kali, buah delima sering disebutkan dalam kaitannya dengan Surga dan anugerah Allah kepada umat manusia. Buah delima bisa ditemukan dalam surat Al-An’aam.


Delima mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut flavonoid. Flavonoid ini diketahui efektif menangkal berbagai radial kanker. Buah itu sendiri juga membantu masalah pencernaan, dan membantu menjaga keseimbangan kalium-natrium tubuh.


Anggur


Anggur merupakan salah satu buah yang juga disebutkan dalam Al-Qur'an. Anggur termasuk buah kuno yang bahkan sudah ada sejak zaman Nabi Nuh. Anggur disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak 14 kali salah satunya dalam surat Al-Muminun: 19..


Manfaat makan anggur termasuk hidrasi yang kuat, menambah kandungan zat besi dan mineral dalam tubuh, dan mengatur sistem pencernaan. Anggur juga membantu meningkatkan produksi darah karena tingginya kadar zat besi dan gula.


Pisang


Buah terakhir yang disebut dalam Al-Qur'an adalah pisang. Pisang tercatat dalam Surah Al-Waqiah. Pisang juga dianggap sebagai buah surga. Meskipun saat ini dianggap sebagai buah yang umum, pisang memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh.


Manfaat kesehatan dari pisang sangat banyak, termasuk menurunkan tekanan darah, membantu mengatur fluktuasi berat badan, dan membantu mengatur sistem pencernaan. Pisang juga penting dalam membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memiliki senyawa antioksidan yang membantu mengatur fungsi ginjal.


Blog authors