Home
Berkah Puasa
Bulan Puasa
Keutamaan Puasa
Ramadan
Ramadan 1442
10 Hari Pertama Ramadan, Simak Keutamaan dan Berkahnya

Ilustrasi Ramadan


timurpost.id - Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang paling di nanti-nanti dan dirindukan umat Islam. Selama 30 hari ke depan, seluruh umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa, mulai dari subuh hingga terbenamnya matahari.


Sepuluh hari pertama di bulan suci [Ramadan](4524730 "") akan menjadi moment yang tepat bagi umat Islam untuk mendapatkan limpahan rahmat serta keberkahan. Dan menjadi waktu yang mustajab untuk memohon pengampunan atas segala dosa-dosa.


Berdasarkan hadist riwayat At-Tirmidzi, Allah SWT Berfirman:


"Wahai anak Adam, selama kamu memanggil-Ku dan menaruh harapanmu kepada-Ku, Aku telah mengampuni atas apa yang telah kamu lakukan. Jika kamu datang kepada-Ku dengan dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian kamu memohon ampun dengan menyebut nama-Ku, niscaya akan Aku ampuni." (HR. At-Tirmidzi).


Banyak orang telah melakukan kesalahan. Mereka khawatir akan dosa yang mereka perbuat di sepanjang jalan tanpa disadari. Namun, Allah menjanjikan sebuah pengampunan.


Dalam Al-Qur’an Surah Az-Zumar ayat 53-54 Allah berfirman: 


"Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa. Sesungguhnya, Dialah yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu. Dan berserah dirilah kepada-Nya, sebelum sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong." (QS. Az-Zumar: 53-54).


Perbanyak Doa dan Zikir


Cara untuk mendapatkan rahmat Allah SWT yaitu dengan memperbanyak doa dan dzikir selama 10 pertama di bulan suci Ramadan.


Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 152: 


"Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku. Niscaya Aku ingat (pula) kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152).


Surat ini menjadi pengingat untuk terus meminta kepada Allah SWT, agar diberikan keberkahan dan rahmat-Nya. Bagi mereka yang mampu memanfaatkan waktu 10 hari pertama dalam bulan suci Ramadan, akan mendapatkan banyak rahmat dari-Nya.


Dapat Pahala Berlipat Ganda


Selama 10 pertama bulan suci Ramadan, setiap perbuatan baik yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.


Selain itu, apabila ada yang meminta ampunan dengan tulus kepada Allah SWT atas dosa-dosanya, maka akan diberikan pengampunan.


Sepertiga malam bulan suci Ramadan akan menjadi berkah yang luar biasa bagi umat Islam. Seluruh umat Islam akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda.


Dalam Al-Qur’an Surah Adz-Dzaariyaat ayat 56, Allah berfirman: 


"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku." (QS. Adz-Dzaariyaat: 56).


Keutamaan Puasa yang Luar Biasa


Allah SWT telah memilih puasa sebagai ibadah khusus antara hamba-Nya dan Allah SWT. Puasa sendiri ini memiliki keutamaan yang luar biasa.


Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa Allah SWT berfirman, yang berbunyi:


"Setiap perbuatan baik anak Adam adalah untuk dirinya kecuali puasa untuk-Ku."


Nabi Muhammad SAW sangat menghargai orang-orang yang menjalankan ibadah puasa. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari dan Muslim, berbunyi:


"Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau kesturi." (HR. Bukhari dan Muslim).


Sungguh besar limpahan rahmat dan keberkahan Allah SWT. Maka dari itu, seluruh umat Islam dapat mempergunakan sebaik-baiknya waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Blog authors