Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jangan Risau, Ikuti 3 Cara ini Agar Lamaran Kerja anda Diterima

Selasa, 09 Maret 2021 | Maret 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-08T18:08:50Z

 

Ilustrasi


timurpost.id - Saat dalam masa mencari kerja, salah satu momen paling membuat frustasi yaitu saat tidak mendapat kepastian tentang aplikasi pendaftaran yang sudah dikirim.


Terlebih jika berkas lamaran kerja tersebut sudah dikirim berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.


Meski begitu, ini sepertinya wajar terjadi karena perekrut biasanya akan menerima banyak pendaftar. Mereka tidak akan punya waktu untuk menanggapi satu persatu pendaftar yang secara bersamaan yang juga sama-sama menunggu kepastian apakah diterima atau tidak.


Dikutip dari BusinessInsider.com, Kamis (10/3/2021), konsultan kerier dan penulis resume profesional, Kyle Elliott menyarankan 3 tips yang biasa ia berikan kepada kliennya ketika dilema belum mendapat kabar perihal lamaran kerjanya.


Metode tersebut dijamin sukses meningkatkan peluang mendapatkan balasan dari perekrut perihal lamaran kerja anda.


1. Bangun Relasi dengan Pekerja di Perusahaan yang Dilamar


Membangun koneksi selama mencari kerja jelas sangat dibutuhkan, dan beberapa relasi mungkin lebih menguntungkan lagi.


Arahkan target pada beberapa orang dari perusahaan yang anda lamar, karena lamaran kerja anda berpotensi lebih besar mendapat balasan bila anda memiliki orang kenalan di perusahaan tersebut.


Ada dua alasan lain pentingnya membangun jejaring dengan orang dalam perusahaan. Pertama, orang tersebut dapat membagikan beberapa tips perihal seleksi pendaftaran, wawancara hingga orientasi.


Kedua, atasan mereka bisa jadi salah satu supervisor perusahaan yang ikut dalam proses wawancara. Relasi ini akan menguntungkan karena anda bisa saja direkomendasikan atau dihubungkan langsung dengan supervisor pewawancara tersebut.


2. Menyesuaikan Berkas Lamaran dengan Ketentuan Pendaftaran


Tujuan utama mengirimkan berkas lamaran kerja ialah untuk menunjukkan profil anda cocok dengan pekerja yang dibutuhkan perusahaan. Karena itu, kesemparan pertama untuk meyakinkan perekrut bahwa anda cocok dengan perusahaan ialah menyusun setiap berkas pendaftaran sesuau ketentuan yang disyaratkan.


Beberapa keluhan perekrut yang umum ialah pendaftar masih banyak yang mengirim lamaran tanpa mengikuti ketentuan perusahaan. Karena itu, dengan membuat lamaran yang sesuai dengan perintah perekrut akan membuat lamaran anda berbeda dari kebanyakan dan peluang diterima semakin tinggi.


3. Tanyakan Perkembangan Lamaran Anda setelah 2 Minggu


Pertimbangkan untuk menghubungi perekrut apabila sudah lebih dari dua minggu sejak anda mengirimkan berkas lamaran dan tidak ada jadwal yang dicantumkan. Meski tampak sederhana, tidak sedikit pelamar yang masih segan melakukan metode ini karena takut mengganggu waktu perekrut.


Ada baiknya untuk menghubungi perekrut melalui email agar peluang balasan pesan semakin tinggi. Karena perekrut biasanya mendapat banyak pesan di LinkedIn. Selain itu, catatan lainnya juga ialah kirim pesan yang singkat dan tidak bertele-tele agar perekrut bisa membacanya langsung.


Sebagai tambahan, mencari kerja dan menunggu waktu konfirmasi sudah pasti membutuhkan waktu yang panjang. Karena itu, tiga tips tadi bisa diterapkan untuk meningkatkan peluang konfirmasi dari lamaran kerja yang sudah dikirim bisa diketahui sesegera mungkin.

×
Berita Terbaru Update