Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gagal Panen, Hama Ulat Gulung Serang Petani Pisang di Gorontalo

Sabtu, 13 Maret 2021 | Maret 13, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-13T05:31:40Z
Hama Ulat Gulung


timurpost.id - Sejumlah Petani Pisang di Gorontalo hanya bisa pasrah dengan keadaan. Sebab banyak tamanan pisang mereka tidak bebuah akibat terkena Hama Ulat atau dengan nama latin Erionota Thrax.


Warga lokal menyebutnya ulat gulung, nama tersebut diambil dari perilaku ulat tersebut yang kerap kali menyerang dengan merusak hingga menggulung daun pisang. 


Akibatnya, daun pisang yang tadinya utuh, oleh hama tersebut dibuat rusak. Hal ini pun sangat berdampak pada proses perkembangan pisang hingga sudah tak lagi berbuah.


Umar Ndiu, warga Kabupaten Bone Bolango kepada timurpost.id mengaku, dalam satu pohon, terdapat puluhan ulat gulung yang merusak tanaman pisang miliknya. Belum lagi ulat-ulat tersebut menyasar daun pisang yang masih muda hingga bertelur memperbanyak populasi.


"Saya sudah tidak tau lagi pakai apa untuk mengeluarkan hama ini, sudah berkali-kali di semprot tetap tidak mempan," kata Umar.


Menurutnya, baru kali ini tanaman pisang yang menjadi sumber mata pencaharian terkena hama sebanyak ini. Ia memprediksi bahwa hama itu muncul karena adanya cuanya yang tidak menentu.


"Baru pertama kali seranganya sebanyak ini, apalagi kalau hujan kemudian panas, pasti mereka tambah banyak," ujarnya.


"Tentu saya merugi. Saya sudah menargetkan bulan Ramadan saya bakal panen banyak, akan tetapi kalau kondisinya seperti ini apa yang saya harapkan nanti," tuturnya.


Ia menambahkan, ulat ini tidak hanya merusak daun saja. Namun nutrisi yang ada di pelepah pisang juga ikut digerogoti selama ia menempati daun pisang tersebut.


"Alhasil, pisang yang dihasilkan dengan adanya gangguan hama ini jelas tidak maksimal. Bisa jadi tidak berbuah, walaupun berbuah, pasti hasilnya kecil-kecil," ia menandaskan. 

×
Berita Terbaru Update