Covid-19 Kesehatan Nasional pandemi

Kemenkes: Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bisa Pakai Bahasa Daerah

Anonymous Anonymous
December 15, 2020
Home
Covid-19
Kesehatan
Nasional
pandemi
Kemenkes: Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bisa Pakai Bahasa Daerah


Menteri Kesehatan Terawan/timurpost.id 


timurpost.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menekankan pentingnya sosialisasi program vaksinasi Covid-19 agar masyarakat betul-betul paham manfaat dari vaksin. Aparat dinas kesehatan serta petugas puskesmas diminta tidak menggunakan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti dalam mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19.


"Kalau bisa bersifat local wisdom, bahasa-bahasa daerah yang bisa disampaikan ke masyarakat, akan lebih baik," kata Sekjen Kemenkes Oscar Primadi dikutip dari siaran persnya, Selasa (15/12/2020).


Menurut dia, Kemenkes telah membuat buku panduan yang dapat digunakan petugas puskesmas dalam mensosialisasikan tentang vaksin dan vaksinasi kepada masyarakat. Pemerintah ingin program vaksinasi Covid-19 dapat dimengerti masyarakat mulai dari tahapan, hingga manfaat kesehatan dari vaksin.


Misalnya, menjelaskan bahwa pemerintah melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kehalalan vaksin Covid-19. Kemudian, menyampaikan bahwa vaksin yang disuntikkan terjamin keamanan dan keefektifannya.


"Semuanya itu betul-betul dipersiapkan secara dini oleh pemerintah. Dan tentunya akan memberikan pemahaman bagi teman-teman di daerah," jelas Oscar.

Blog authors