Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Korem 133 Nani Wartabone Cegah Erosi dan Longsor di Gorontalo

Rabu, 18 November 2020 | November 18, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-18T15:10:00Z
Korem 133 Nani Wartabone menggelar kegiatan pembinaan lingkungan hidup/timurpost.id


Timurpost.id, Gorontalo
- Korem 133 Nani Wartabone menggelar kegiatan pembinaan lingkungan hidup dengan tema "Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa" bertempat di Kelurahan Bionga-Gorontalo, Rabu (18/11/2020).


Komandan Korem (Danrem) 133 NW Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Kepala Seksi Teritorial Kasrem Kolonel Inf Marthen Pasunda bahwa, kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Korem di wilayah Provinsi Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo. 


Hal ini dilakukan sebagai bentuk salah satu wujud kepedulian TNI terhadap pentingnya penanaman Rumput Vetiver secara berkelanjutan untuk pelestarian lingkungan.


Rumput Vetiver atau Akar Wangi ini mempunyai nama latin Vetiver Zizanioides, memiliki akar sampai tiga meter, sehingga menjadi salah satu tumbuhan yang dapat mencegah erosi dan tanah longsor.


Penanaman rumput tersebut sangat cocok untuk menambah, meningkatkan upaya kita dalam mencegah erosi serta tanah longsor, sebagaimana yang sering terjadi akhir-akhir ini.


Danrem juga berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, hendaknya bertanggung jawab penuh mulai dari proses penanaman, pemeliharaan sampai dengan upaya pengamanan terhadap Rumput Vetiver yang telah ditanam, kata Kolonel Inf Marthen Pasunda.


Sementara Kepala BPDAS Provinsi Gorontalo Heru Permana, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Korem 133/NW, dengan adanya penanaman Rumput Vetiver. 


"Sangat bermanfaat untuk mengurangi erosi dan longsor di wilayah Provinsi Gorontalo terutama Kabupaten Gorontalo," katanya.


Dalam penanaman ini, belum bisa kita rasakan manfaatnya namun anak cucu kita nanti yang menuai hasilnya di masa akan datang, jelasnya..(tp***) 

×
Berita Terbaru Update